15 January, 2011

MENGURUS VISA TURIS AUSTRALIA II (Email Sahabat)

Postingan saya yang berjudul MENGURUS VISA TOURIST AUSTRALIA mendapat respon positif. Alhamdulillah artinya sampai dengan saat ini hasil corat-coret saya masih bermanfaat. Terima kasih juga buat teman-teman Blogger yang sudah mau menyempatkan diri untuk sharing dengan saya, apalagi banyak diantaranya yang sampai dengan saat ini masih keep in touch walaupun kita ngga pernah ketemu sebelumnya. Dan puji syukur semuanya tetap menjaga hubungan baik. Ada yang sudah di OZ menikah dengan pria idamannya, bahkan kabarnya dalam waktu dekat dia akan mendapatkan spouse visa-nya, ada yang masih kuliah dan curhat sampai ngobrol masalah antenna TV juga minta pendapat, ada lagi yang sampai minta diurusin visa turisnya karena ngga sempat mengurusnya sendiri.

Semuanya adalah teman-teman Blogger yang baik…. Saya salut dengan kalian, ternyata diluar sana justru ketulusan dan rasa percaya antara satu dengan yang lain terjalin dengan indah hingga dapat menumbuhkan solidaritas antar sesama pengguna blogger.


Saya ingin menambahkan sedikit mengenai pengurusan Visa Turis Australia, karena dari tulisan sebelumnya ada teman-teman masih bingung dengan persyaratan untuk Si Penjamin kita di OZ.
Kira-kira bunyi pertanyaannya begini….”persyaratan apa yang dibutuhkan untuk Si Penjamin yang berada di Australia sehingga dapat meyakinkan Kedutaan bahwa kita memiliki keluarga/teman/kerabat yang dapat menjamin kita sebagai pemakai Visa selama berada di Australia?..’

Berikut adalah petikan email yang saya dapat dari sahabat saya Miss Fire Lady (as nikename). Dia adalah seorang wanita yang akan segera menikah dengan pria idamannya. Dan saya berterima kasih karena dia mau berbagi pengalamannya buat saya……:


Sorry mas...emailku yang sebelumnya kayaknya salah alamat..
Ni aku nulis baru...wkt kemarin2 sempat bersih2 email karena penuh sesak bikin mumet...mungkin punyamu ke-delete kali...hahahahah ampun pakdhe !!!!

Mo cerita apa ya?lali aku...sik tak mikir dulu..

Klo ga salah sih soal slip gaji ceritaku di chatt waktu itu. Jadi maksudnya begini, slip gaji pengundang 3 bulan sebelum keberangkatan harus dilampirkan. Klo ga bisa melampirkannya bisa pake surat keterangan dari bossnya (ditanda tangani bossnya juga tentunya) yang menerangkan bahwa posisinya secure dalam artian bekerja sudah lama dan sepertinya tidak akan kena masalah/PHK di kemudian hari. Ini berlaku klo sudah bekerja di perusahaan tersebut lama (lebih dari 5 tahun). Disini pacarku selain menyertakan gaji per bulan juga pernyataan dari bossnya juga yang menyatakan bahwa dia sudah bekerja 10 tahun dengan posisi yang secure. Terus juga klo ada bukti transaksi keuangan antara pengundang dan diundang sebaiknya juga dilampirkan, misalnya pernah transfer uang (maksudnya memberikan dukungan yang kuat bahwa orang yang mengundang benar2 tau pasti orang yang diundang).

Saya mo menambahkan juga dari email yang sebelumnya tentang passport. Sebenarnya maksud passport pengundang harus disertakan karena pengundang tersebut bukan asli dari aussie (pendatang baik yang sudah jadi citizenship ato belum). Kalo aussie descent sendiri tidak perlu karena khan sudah otomatis citizenship sejak lahir, dan belum tentu semua aussie descent punya passport semua karena belum tentu juga pernah bepergian ke LN. Maka sebagai penggantinya boleh pake akta lahir yang dichop polisi setempat dan dikirim ke alamat yang diundang untuk nanti dilampirkan. Selain itu (ini tambahannya maksudku) disertakan juga document2 laen misalnya kayak driver licence, medicare card, centrelink, dll pokoknya dokument apa aja yang dipunya.

Sekian dulu ceritanya saat ini, ntar klo ada tambahan ditulis lagi

Cu bye
Fire Lady





……nah kira-kira begitu ceritanya, jadi untuk persyaratan yang diperlukan untuk Si penjamin disana adalah:


• Surat Keterangan dari Pimpinan di sertai chop/stempel dan kop surat bahwa Penjamin kita adalah Karyawan pada perusahaan tersebut dan dalam status aman (tidak sedang dalam masalah atau akan di PHK di kemudian hari).

• Akta kelahiran yang di Chop/stempel oleh Kepolisian Wilayah setempat, untuk membuktikan bahwa Si Penjamin memang benar berdomisili disana. (aslinya kirim ke kita, sementara sambil menunggu aslinya datang, kita dapat menggunakan format Scan atau Fax).

• Lampirkan pula data pendukung lainnya seperti: SIM, Kartu Asuransi/kartu berobat/centrelink maupun dokumen pendukung lainnya. Supaya kedutaan memiliki keyakinan bahwa identitas Si Penjamin adalah benar

Sepertinya cukup sekian dulu postingan saya kali ini, karena saya mau makan dulu nih (xixixi….). Lain kali akan saya sambung lagi jika ada perkembangan informasi.

Terima kasih buat "Mbak Fire lady"... yang mau menjadi narasumber. semoga amal ibadahnya di terima sebagai pencerahan kepada teman-teman kita yang lain, supaya dapat terbantu menegenai pengurusan visanya.

Satu lagiiii...... Ada beberapa template surat yang mungkin dapat anda pergunakan ketika akan mengajukan aplikasi visa turis Australia, silahkan di download... tapi INGAT izin dulu yaaa.... (*via comment) supaya yang buat surat juga dapat energi positifnya.... hehehe

Contoh Surat Pernyataan Suami - Istri 

Check Persyaratan Visa Anda 

Contoh Surat Kuasa Pengurusan Visa 

Contoh Invitation Letter 

Contoh Surat Sponsor Perusahaan 

Selamat Berjuang Teman-temaaaan.... !!!!!  Semoga Berkaaah..... J

38 comments:

  1. Terima kasih Buat Mbak Fire Lady yang telah mengispirasi saya dengan cerita-ceritanya,Ditunggu email lain yang bagus-bagus.... ;)

    ReplyDelete
  2. wah... maksih buat infonya..
    amat sangat membantu ne.. soalnya ada rencana mau ke ausi, cm msh bngung sm syarat2nya.. mksh bnyak.. ^^

    ReplyDelete
  3. @anonim : terima kasih kembaliiii... semoga dapat menjadi pencerahan.

    ReplyDelete
  4. Salam kenal...mau tanya kalau visa kerja ada ga ya ke ausie,mohon infonya ya , terima kasih .

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Recky: salam kenal juga... maaf telat kasih informasi saking banyaknya kerjaan yang harus saya selesaikan dikantor.

      Jadi gini...Untuk Visa kerja Aussie juga menyediakan koq, tapi jangan salah nih... untuk mendapatkan visa kerja disana itu sangat sulit. sama sulitnya dengan Orang bule yang mau kerja disini. penuh dengan intrik.. kalo di indonesia gampang buat visa kerja sih bisa jadi Indonesia penuh dengan WNA yang masuk untuk menjadi TKA disini. Soalnya diIndonesia sendiri juga banyak WNA yang berburu Rupiah dengan bermodalkan visa turis, sekalipun tidak dibenarkan tapi banyak juga yang menyalah gunakan Visa. itulah kenapa sebabnya setiap negara sangat selektif dalam memasukan orang asing ke negaranya.. termasuk INDONESIA, juga AUSTRALIA.

      Kurang lebihnya mereka yang layak untuk di approve visa kerjanya adalah yang punya kompetensi dibidangnya. selain itu mereka memang langsung di undang dari Aussie oleh perusahaan yang akan mempekerjakan mereka disana.

      Demikian penjelasan dari saya, dan terima kasih sudah mampir ke Blog "catatan yudha"..... :)

      Delete
  5. Halo salam kenal mas Yudha :) boleh minta PIN BB gak? tlg di email ke lilly.c999@yahoo.com yah soalnya aku mo nanya2 tentang visa ke oz, kalo mas bisa uruskan lebih baik lagi soalnya aku tinggal di luar Jabotabek. Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Lilly : salam kenal juga ya sist

      Boleeeeh :)

      silahkan SCROLL ke ATAS, lihat dan KLIK halaman "KONTAK PERSON"

      Semoga apa yang akan kita bicarakan nanti menjadi pencerahan untuk anda...

      Delete
  6. salam kenal mas.. Sy Nova dari Malang mohon ijin utk mendownload aplikasi visa turis diatas mas..hehehe.. Sy td sdh sms mas Yudha tp blm di bls.. hiks.. :(
    Infonya sangat membantu skali mas, sy skalian mo mnt tlng di uruskan visa sy utk ke oz jika mas Yudha tidak keberatan, krn sy tinggal diluar Jakarta. Mohon bantuannya mas Yudha. Ini alamat email sy, lianadiah36@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  7. kalau kita mau wisata ke australia apakah jg perlu surat dr perusahaan dan jg penjamin disana?total biaya pengurusan brp mas?kmdian klo uang tabungan itu minimal brp juta yg da direkening?terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Eko:
      Jika anda tidak memiliki penjamin disana dan tidak berstatus sebagai pekerja yaaa ngga perlu dicantumkan. untuk uang tabungan tentative jumlahnya. tapi setidaknya jika keperluannya wisata... minimal jumlahnya stabil selama 3 bulan terakhir dan yang paling utama bisa buat "foya-foya" :)

      Untuk lebih jelasnya silahkan baca komentar-komentar di postingan saya : http://catatan-yudha.blogspot.com/2009/05/mengurus-visa-tourist-australia.html ...

      Delete
  8. terimakasih banyak mas infonya, semoga visa saya langsung disetujui, mohon doanya :) , ijin download format2 suratnya ya untuk dibaca-baca :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @jnkanggraeni:

      Terima kasih juga sudah berkenan mampir ke blog saya yang sederhana dan awut-awutan :p

      Semoga berhasil dan Selamat Berjuang :)

      Delete
  9. maaf mas mau tanya, lebih baik ngurus visa dulu atau beli tiket dulu ?
    untuk waktu pembuatan visa, memang 4-5 hari ? karena kemarin saya tanya travel 7-10 hari (diluar hari kerja) terimakasih banyak ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @jnkanggraeni :

      Berdasarkan berita terkini, masa proses untuk Visa Turis Australia berubah menjadi 10 hari Normal. saya tulis 4-5 Hari kerja, karena postingan yang anda baca adalah hasil tulisan saya tahun 2009 :D
      ..... Jadi mohon maaf jika informasi yang di dapat malah terkesan menyesatkan. tapi saya akan coba update lagi. terima kasih atas ketelitian anda dalam menangkap informasi yang di berikan.

      Sementara mengenai Tiket, pihak Kedutaan tidak menyarankan untuk membeli tiket sebelum Visa di setujui, tapi jika sudah terjadwal dan terlanjur membeli tiket silahkan dilampirkan.

      Mengingat semakin banyak Aplicant Indonesia yang melakukan kunjungan ke Australia, sepertinya perlu adanya itinerary Ticket dan hotel jika anda murni melakukan kunjungan tanpa memiliki sponsor di Australia, terlebih lagi jika waktunya sangat mendesak. Karena banyak penolakan yang diberikan oleh kedutaan dengan alasan antara lain:

      -- Tidak memiliki Rencana Perjalanan
      -- Tidak Memiliki Kontak di Australia
      -- Tidak memiliki Kondisi keuangan yang cukup baik, alih-alih kenaikan / penurunan jumlah cash flow yang signifikan.

      Demikian hal ini saya sampaikan. semoga menjadi pencerahan untuk anda serta teman-teman yang lain.

      Delete
  10. mau tanya bang, kalo ngurus visa sendiri dan ternyata ngga disetujui, apakah bisa langsung pake jasa travel atau harus ada jeda waktu lagi?
    ijin download dokumen terkait ya bang.
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di Re-apply kapan saja, tapi saran saya langsung saja mengurusnya sendiri ke AVAC agar memahami bagaimana prosesnya.

      Jika kurang paham dan butuh sharing, bisa menghubungi saya di halaman "kontak person" (bagian atas... SCROLL up halaman blog ini)

      Semoga Berkaaaah :)

      Delete
  11. izin download ya bang, trims sebelumnya

    ReplyDelete
  12. om saya edwin.., yang dari sby.., ijin sedot surat" ijin penting di atas ya, tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggooooo.... SEMOGA BERKAAAAAAH...!!! :D

      Delete
  13. Mas Yudha namaku kris, mau tanya neh. Aku punya kenalan di Ausie dia warga negara disana hampir 35 thn. Dia ingin sekali mensponsori saya untuk bisa kesana. Pertanyaan saya syarat dan ketentuan apa saja yg dibutuhkan agar dia bisa mensponsori saya kesana? Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Alamat Email yang bisa dihubungi? saya jelaskan di email saja ya :)

      Semoga penjelasan saya nanti bisa menjadikan pencerahan untuk anda

      SEMOGA BERKAAAAH...!!! :)

      Delete
    2. Emailku : chryshery@gmail.com.Terima kasih banyak

      Delete
    3. hello mas boleh di share disini, saya perlu sekali info tersebut terima kasih

      Delete
  14. om... inget aku gak.., haha , edwin dari sby.., gak kerasa tinggal beberapa minggu lagi bakal jalan" ke oz, makasih banyak atas penjelasannya, bantuannya, kerepotannya (kudu ampe lembur segala), tapi akhirnya..., visa keluar juga.., :) kalo gak ada om yudha.., paling hanya visit bali dec ini.., hahaha.

    yang paling penting dari semua.., makasih untuk recheck ulang semua data" ane yang akhirnya ditemukan banyak kesalahan..,hahaha (maklum tukang copy paste saya), om bener" detail dah.., dan semangat lolosin kita" ke oz.. thanks..

    from:edwin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Edwin,

      Ya inget laaaah.... :))

      Makasih oleh - olehnya sudah sampai dengan selamat dan dinikmati dengan senang hati :)))

      Tetep keep in touch ya brooo *salam perdamaian*

      Delete
  15. Pak yudha trmksh untuk bantuannya, saya dan keluarga hari ini ke melbourne, nt saya paketin oleh2 dr melbourne.
    Sedikit sharing utk blogger..hehe Saya dibantu pengurusan visa untuk anak saya oleh pak yudha, sangat deg2an karena waktu yang mepet, hrs brangkat tgl 24 des, mulai pengurusan 1 des. Tapi berkat keahlian dan 'ilmu' pak yudha semua beres.. Visa granted, hati senang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear ashari koerniawan,

      Terima kasih atas perhatian dan oleh - olehnya Pak Ari :D, kalo boleh jujur... saya juga deg -degan hebat menghadapi saat penantian untuk setiap keputusan kedutaan.

      dan Saya ngga bisa apa - apa Pak, keputusan Approve/Decline nya aplikasi adalah otoritas kedutaan. jadi kalo Pak Ari dan yang lainnya berangkat, itu adalah kehendakNYA :)

      Tetap keep in touch & Semoga Berkaaah :D

      Delete
  16. ass.wr.wb mas aq ambil docuentnya mas....hihihihi...mhon info trus mas yudha ya

    ReplyDelete
  17. mas yudha, izin download document nya ya.. :)
    thanks..
    -na-

    ReplyDelete
  18. Mas saya add yahoonya boleh ya? :) buat info2 sudah saya add nama saya Rini :) saya ijin download bbrp file punya mas yudha :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipersilahkeeen Sist.... Semoga bisa berlanjut dengan pencerahan sesuai yang di harapkan...

      "Semoga BERKAAAH !!!" :)

      Delete
  19. Mas, boleh minta emailnya? Aku perlu info soal visa spouse, emailku b_fly1702@yahoo.com
    Tolong balas ke emailku ya
    Terima kasih

    ReplyDelete
  20. Mas yudha yang super duper buuuuuaik(kira kira hatinya terbuat dari apa ya)...mohon ijin download file nya yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. +Lala : hayayayay... hatiku terbuat dari emas batangan di campur sedikit penyedap rasa, beberapa siung bawang goreng, dan garam secukupnya... jadilah "Mamas Beibeh" .... >>> CURHAT DONG MAAAS!! [Loh... ini mah salamnya acara Mam** Ded*h] qiqiqiqiq.. maap ngga maksud meniru

      Monggo di lanjut sistaah... selamat berburu visaaa!!

      Delete
    2. Mas Yuuuuudhaaaa yang hatinya trbuat dr batangan emas dicampur sedikit micin hihihi,aq mau ucapin berjuta-juta terimakasih udah tak gangguin beberapa hari,dipaksa melototin form-ku buat revisi sana sini.aq nekad apply sendiri dr surabaya ke jakarta setelah 2 agen travel terbesar di sby menolak dg alasan pasport saya msh perawan,status yg pengangguran(prshaan tmpat aq krja bangkrut sejak maret kmrn),rekening yg isinya cm recehan.mrka blg saya PASTI DITOLAK mski saya disponsori sm paklik yg di Aussie.hmmmm sakit ga tuhh(awas ya kataku dlm hati).mas yudha motivasi saya bhwa rejeki jodoh sdh diatur sm yg di Atas,ga ush takut yg pntg usaha.kms,tgl 9 pagi saya smpe di stasiun pasar senin lgsg cari alamat kantor Avac di kuningan city dan sbtu tgl 18 siang aq dpt email dr kedutaan bhwa visa granted!!!wooowww lompat2 nangis ky orang kesurupan.alhamdulillah,
      Bnr kt orang2,sampean sakti mas!!!!
      Buat tmn2 yg mau apply visa aussie jgn takut,yg pntg dokumen lengkap,jujur(jgn smpe ada keterangan yg palsu),buktikan bahwa hub kita dengan sponsor bukan abal2.dan bnr kt km mas,surat ijin ortu itu sakti sbg bukti kt akan balik lg ke indo.
      Sekian dulu ya mas,moga hidupmu slu berkaaaaah

      Delete
    3. +Lala :

      Aduuuh . senengnya bisa berangkat yah, aku mah apa atuh... cuma orang ndeso yang hanya bisa mendo'akan supaya kamu bisa berangkat, dan memberikan informasi alakadarnya.

      selebihnya itu usaha kamu yang minta restu dari orang tua, minta restu sama Gusti Allah, dan menyelaraskan keinginan dengan berusaha semaksimalmu.

      Jadi... sekarang lebih paham kan kalo Rejeki, Jodoh itu yang ngatur cuma Gusti Allah bukan nya agent biro perjalanan :D

      anyway... selamat bersenang-senang ya Jeng,salam buat yayang nya, trus kirim salam juga buat Kangguru sama Koala di sana dari Orang Ndeso yang cuma punya keinginan buat jadi manfaat dan menjalin silaturahmi saklawase...

      Delete

" Berikan Komentar Anda Untuk Postingan Ini "