23 November, 2012

MENGURUS SENDIRI VISA TURIS / BISNIS CHINA

Menikmati pekerjaan sebagai satu-satunya orang yang menangani bagian perizinan di perusahaan tempat ku bekerja,  membuatku harus ekstra aktif buat mencari informasi sana-sini. Kali ini aku diberikan kesempatan untuk mengurus Visa karyawan yang akan berangkat ke Cina dalam rangka melakukan tugasnya selama 30 hari.

“Yud, mau ngurus VisaTuris  Cina syaratnya apa aja? Buat Andito nih mau berangkat…”. Seorang pimpinan bertanya kepadaku seolah aku adalah “WIKIPEDIA”  atau “PRIMBON” atau apalah namanya  yang serba tau tentang apapun informasi yang dibutuhkan.

“wadoOOOh…cepet amat Pak… ntar aku kabarin deh, lagi nanggung nih ngurusin biodata perusahaan buat dikirim ke klien”, dan aku menyambut pertanyaannya dengan pending request sebagai respon supaya ditunda sementara. Bagusnya beliau mengerti keadaanku yang saat itu sedang dikejar setoran. Akhirnya dia meninggalkan meja kerjaku dan kembali ngobrol dengan salah satu rekan kerja.

Disela waktu luang akhirnnya aku mencoba bertanya pada Mbah GOOGLE… minta wangsit dan petunjuk, ngacak-acak halamannya,  buka sana-sini, ternyata banyak juga yang member referensi tentang visa Cina, karena relatif mudah mengerjakannya (kata Mbah GOOGLE niiih  :p). Tapi tetap saja supaya nggak kerja dua kali dan males bolak-balik. Akhirnnya aku coba mencari segala informasi yang di butuhkan supaya rekan kerjaku dapat berangkat tanpa kendala sampai dengan pulang ke Indonesia.

 Tertarik dengan salah satu website yang menyebutkan persyaratan, akupun membukanya. Dalam keterangan baru diketahui… ternyata sekarang pengurusan visa untuk ke Cina baik Turis maupun bisnis sudah tidak lagi ditangani oleh Kedutaan Cina di Indonesia. Pihak Kedutaan Cina mendelegasikan kepada pihak ketiga dengan nama Chinese Visa Application Service Center (CVASC), yang lokasinya tidak jauh dari Kedubes China, tepatnya,

"The East Building" Lt.2, 
Jl. Lingkar Mega Kuningan Blok E,3.2 Kav.1, 
Jakarta
Tlp. 021-579-38655, 
Fax. 021-579-38659, 
Email. jakartacentre@visaforchina.org



Persyaratan Visa yang aku penuhi antara lain :

  • KTP,  copy,  Wajib
  •  KK, Copy,  Wajib
  • PASPOR, ASLI dengan masa berlaku 8 bulan sebelum habis masa aktif, Wajib
  • SURAT SPONSOR dari Perusahaan (bila bekerja),  ASLI.  optional.
  •  UDANGAN DARI PERUSAHAAN (Jika akan melakukan kegiatan bisnis). Bisa berupa email/fax, optional
  •  Pengisian formulir onine, DI SINI , Wajib
  • Pas photo 4x6 Backgorund Putih, Wajib


Setelah semua persyaratan sudah siap, tanpa ba..bi…bu.. lagi langsung jalan ke TeKaPe. Hari itu aku ingat, hari Jum’at tanggal 15 februari 2012, jam 10.00 aku tiba pas depan pintu kedutaan. Disana baru dapat informasi bahwa submit aplikasi bisa dilakukan sejak jam 8-16 WIB. Tapi buat pengambilan setelah visa selesai hanya dapat dilakukan pada jam 15.30 – 16.00.

MATI deh GUE…!!! Jam segini sudah menjelang Shalat Jum’at… Kondisi antrian sih tinggal 2 lagi, dan orang yang berdiri di depan loket lama banget berdebat dengan petugasnya, entah apa yang mereka bicarakan karena posisinya dengan tempat dudukku agak jauh , jadi ngga mau dengar apa yang jadi urusan mereka.. sementara aku tetap bertahan dan berdo’a semoga yang lagi di depan loket itu segera menyelesaikan percakapannya hingga aku dapat melanjutkan aplikasi ini dan pergi ke masjid untuk menghadapNYA. Benar saja, tak lama berselang nomor antrianku dipanggil dan ku masukan semua data applicant. Ternyata pengurusan Aplikasi Visa Turis / Bisnis China ngga serumit yang dibayangkan, para petugasnya cukup kooperatif dan semua persyaratan ga ada yang di tambah, hanya saja sempat aku bawa rekening koran perusahaan untuk bukti keuangan jika diminta. Sempet sih diliat sama dia tapi dikembalikan lagi.

 Petugas bertanya buat proses pengurusannya, “mau pengurusan apa”… mungkin maksudnya mau proses yang berapa hari. Dan aku jawab “kilat 1 hari selesai Pak”. Kebetulan harganya sudah terpampang di depan loket dan aku tinggal memberikan dananya. Setelah itu aku diminta kembali pukul 15.30 – 16.00 sore itu juga. Hehehe… inilah yang aku suka dari birokrasi china, mereka mengerti sekali tipikal orang Indonesia yang maunya cepat, ngga mau bikin pusing, yang penting bisa jalan asal harganya sesuai. Jarang – jarang ada kedutaan yang memasang criteria NORMAL – KILAT-SUPERKILAT. Karena biasanya pengurusan visa hanya satu jalur sekian hari baru bisa diambil. Yaah… whatever lah yang penting ini adalah ketentuan baku dari Kedutaan mereka, bukan peraturan para calo terselubung seperti kebanyakan instansi di negeri kita tercinta J

Sore harinya, selang beberapa jam sejak penyerahan data, akupun datang kembali ke tempat yang sama. Sesuai dengan perautran kedutaan China, bahwa pengambilan aplikasi Visa Turis / Bisnis Cina dapat dilakukan pada jam yang telah ditentukan, yaitu jam 15.30-16.00. waktu yang sangat singkat itu benar-benar di manfaatkan untuk pengambilan aplikas visa bagi yang telah melakukannya. Beberapa dari mereka yang di awal sempat aku temui dan kenal rupa tanpa nama, aku temui kembali. Rupanya mereka juga mengambil jalur SUPERKILAT J.

Tiba di ruang aplikasi aku menunggu nomor antrian dipanggil. Semua orang yang melakukan aplikasi visa turis/bisnis ke China duduk dibangku yang telah disediakan. Keadaan begitu santai dalam ruangan yang di desain nyaman. Di tempat baru ini banyak loket yang di sediakan untuk melakukan proses aplikasi Visa China, jadi ngga serumit dan se-krodit pengurusan di kedutaan China yang dulu sempat aku ngurus kesana beberapa tahun yang lalu. Tiba giliranku dipanggil, akupun mengarah ke loket di sisi kananku. Setelah selesai menukar tanda terima dan  melakukan pembayaran, aku diberi tanda telah membayar / Lunas dari loket itu dan diarahkan untuk bergeser ke loket sebelah untuk mengambil paspor yang telah selesai di proses. Dengan sigap aku bergeser ke tempat yang dituju untuk mengambil paspor yang telah jadi untuk dapat melihat hasilnya. Tanda Lunaspun diberikan pada petugas loket, menyusul penyerahan paspor oleh petugas loket. Aku buka lembar demi lembar… KETEMUUU… terlihat Stiker Visa menandakan bahwa aplikasi visa China yang aku submit tadi pagi.. GRANTED… Horeee…!!!

Selesai sudah deg-degan seharian sendiri, kesimpulan yang dapat ditarik dari pembelajaranku dalam pengurusan visa Turis maupun Bisnis ke China adalah :

  • selama dokumen yang kita submit lengkap, pihak kedutaan akan menyetujui permohonan Visa yang di ajukan.
  • Waktu proses bukan lagi kendala dalam pengurusan visa Turis/Bisnis Cina, karena pihak kedutaan sendiri telah memberikan kemudahan dalam proses pengurusannya. Mulai dari REGULAR yang butuh waktu sampai 4 hari, hingga SUPERKILAT yang dapat di ambil pada hari itu juga.      

Semoga hal ini dapat menjadi pencerahan bagi teman – teman bloger yang mencari informasi tentang pengurusan visa China dan ingin Mengurus Visa Turis / Bisnis China sendiri. Akhir kata… “SEMOGA BERKAAAH” J.







No comments:

Post a Comment

" Berikan Komentar Anda Untuk Postingan Ini "