19 May, 2009

MENGURUS VISA TOURIST AUSTRALIA

Satu lagi tambah pengalaman saya dalam hal mengurus visa orang lain. Berawal dari beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 11 Mei 2009 saya dapat berita supaya mengurus visa kunjungan wisata untuk Negara Australia milik salah satu keluarga dari owner tempat saya bekerja. Karena dulu saya berhasil mengurus visa salah satu keluarga dari pemilik perusahaan, Trus sekarang malah jadi ketagihan untuk minta diurus visa buat keluarganya juga..hueheue..ngga apa-apa, untuk cari pengalaman meskipun belum pernah keluar negeri, pengalaman buat visanya aja udah cukup membuat saya senang. Karena saat-saat menunggu dikabulkannya visa, yang merasa deg-degan koq malah saya yaa...kesannya kayak saya yang mau berangkat aja.

Australian Visa Application Center berada di Plaza Asia Lt.22, jalan Jendral Sudirman kav.59 Jakarta Selatan. Dilantai tersebut juga terdapat Visa Applicaataion Center untuk Canada & UK.
Bagi yang ingin mengurus Visa Tourist Australianya sendiri ataupun ingin mewakili mereka yang akan bepergian ke Australia dapat datang untuk apply mulai pukul 08.30 s/d 16.00 dengan membawa dokumen seperti :
• Form 1419 yang sudah diisi lengkap, dapat di download DISINI.
• Paspor Asli yang masih berlaku minimal 8 bulan.
• Paspor lama (Jika pernah memiliki paspor).
• Copy KTP
• Copy Kartu Keluarga
• Copy Akte Kelahiran
• Copy Surat Nikah / Akte Nikah.
• Bukti Keuangan yang menunjukkan kondisi keuangan yang cukup untuk membiayai hidup selama di Australia.
• Photo berwarna ukuran 4X6 , 1 lembar, sebaiknya menggunakan latar belakang warna putih
• Surat Sponsor dari Perusahaan, bagi yang masih bekerja. Dapat juga dijelaskan dalam surat tersebut mengenai kebenaran ybs bekerja di tempat tersebut dengan masa kerja …th dan akan melakukan perjalanan dalam rangka kunjungan, dan sebutkan juga pembiayaan akan di tanggung oleh siapa.

Enaknya mengurus visa Autralia di Australian Visa Application Center, Setiap dokumen yang akan apply hanya photocopy saja. Kecuali paspor & surat sponsor harus asli. Untuk visa yang saya proses waktu itu hanya memakan waktu 4 hari sudah dapat di ambil. Meskipun dalam teorinya masa proses 5 hari kerja, tapi kita bisa menelusuri sejauh mana proses pengajuan visa DISINI . Jadi jika memang sudah selesai kita bisa mengambilnya langsung pada setiap hari kerja antara pukul 14.00 s/d 16.00 WIB pada tempat dimana kita membuat visa tersebut.

Bagi yang ingin mengetahui informasi lebih jauh mengenai pengajuan Visa Australia dapat mengunjungi wesite http://www.vfs-au-id.com/ atau http://www.immi.gov.au/

Naaaah.... untuk mengetahui biaya resminya bisa klik DISINI, rumusnya :
(Biaya Visa yang ingin di Apply ) + Rp.180.000 (untuk biaya logistik AVAC) + Rp.20.000 (Jika ingin menerima pemberitahuan proses via SMS Platinum & Email)

Jangan lupa baca juga postingan saya hasil sharing dari teman blogger, yang berjudul MENGURUS VISA TURIS AUSTRALIA II untuk yang punya penjamin di luar negeri, khususnya WN Aussie.

So, akhir kata .....Semoga Berkaaaah  J



wwww___wwww

Update Info:

  • Mulai tanggal 14 April 2014 , Australia Visa Application Centre (AVAC) di Jakarta akan beroperasi di lokasi baru di: Kuningan City Lt. 2 No. L2-19, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan, Jakarta 12940 Indonesia

166 comments:

  1. untuk pembuatan visa tourist ke australia total biaya yang harus dikeluarkan per paspor berapa pak/ thx

    ReplyDelete
  2. Alek..biaya hanya Rp. 950.000/paspor

    ReplyDelete
  3. Saudara Yudha, saya ingin bertanya banyak (kalau memang anda tidak berkeberatan) tentang pengurusan visa ini, dikarenakan saya akan mengurus visa turis ke australia. banyak sekali yang mengganjal dalam benak saya.

    apakah anda memiliki YM? kalau iya kita bisa chat disana kalau ada waktu. atau anda bisa meng-email saya di:
    Den_aulia@yahoo.com

    saya sangat hargai apabila anda dapat memberikan pencerahan kepada pertanyaan2 saya.

    terima kasih

    ReplyDelete
  4. @Botnus.. dengan senang hati saya akan mencoba untuk membantu anda jika dibutuhkan,saya akan menghubungi anda segera atau anda bisa menghubungi saya di email yudha.rui@gmail.com atau okinikurasa@yahoo.com. semoga penjelasan saya nanti tidak mengecewakan anda.

    ReplyDelete
  5. Pak Yudha, bisakah saya minta bantuan bapak untuk mengurus visa tourist saya,mengingat waktu saya tidak ada untuk mengurusnya, belum lagi posisi saya yang berada di luar kota Jakarta. mohon penjelasan juga mengenai biayanya?

    saya tunggu jawabannya, terima kasih atas waktunya untuk menjawab pertanyaan saya.

    ReplyDelete
  6. @persada college...terima kasih atas kepercayaan yang telah anda berikan kepada saya, dan saya menganggapnya sebagai bentuk pujian yang sangat saya hargai. sebenarnya banyak email yang masuk untuk saya, mereka minta tolong untuk dibuatkan paspor tourist. dan kebnyakan berada diluar jakarta.

    Jika memang anda percaya kepada saya, Insya Allah saya akan menjaga amanat yang diberikan, karena bentuk kerjasama online seperti ini sangat mengandalkan kepercayaan. Tapi Alhamdulillah sejauh ini belum ada complain, karena saya tau betul konsekuensinya jika memang saya berbohong ataupun menrekayasa maka identitas saya akan di blacklist tidak hanya di blogger tapi juga seluruh pembaca blog ini.... dan saya ngga mau mengkomersialkan bantuan saya lhoo, yang penting bisa buat ganti ongkos pulang-pergi kedutaan Australia, nunggu prosesnya dan biaya kirim dokumen kembali...hehehe...

    Ditunggu kabar baiknya yaaa...sukses buat Persada College, dan untuk contact selanjutnya terlampir alamat email saya dalam komentar sebelumnya. kita bisa lanjutkan pembicaraan jika anda serius...

    ReplyDelete
  7. Mas yudha, trims buat informasi pembuatan visanya..

    Kalau anda tidak keberatan, bolehkah saya mengajukan beberapa pertanyaan via email ke alamat email anda beberapa hal mengenai pembuatan visa.
    Alamat email saya :
    blackpearl231@gmail.com
    the_doctor231@yahoo.com

    sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih.

    ReplyDelete
  8. @ Blackpear231: OK Gan.. silahkan anda sampaikan uneg2nya dan kita coba untuk sharing via email, semoga jawaban saya dapat memberikan pencerahan bagi anda

    ReplyDelete
  9. Kalo ada yang bilang ngurus visa ke aussie itu ribet, ternyata SALAH BESAR!! Aku udah ngebuktiin kok!Selama semua dokumen lengkap, kemungkinan besar diterima kok.. Lagian kalo ada dokumen yg kurang lengkap, pihak kedutaan akan menghubungi untuk mengkonfirmasi, jd kita bisa melengkapinya.
    By the way, makasih ya mas yudha buat semua bantuan informasinya selama ini.. Kalo nggak ada mas yudha, nggak tau deh mo nanya ke siapa..ibaratnya meraba2 dalam gelap! Hehe.
    Sukses selalu ya mas! God bless

    ReplyDelete
  10. @Blackpearl231...saya ucapkan selamat atas dikabulkannya visa anda, terima kasih atas komentarnya,saya hanya sebatas memberikan informasi, sementara yang memutuskan adalah pihak kedutaan.

    Semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan bagi teman kita yang lain untuk dapat mengurus visa tourist Aussie -nya.

    Sukses untuk anda...

    ReplyDelete
  11. mas yudha klo blh tau jk sy aply visa turis ke aussie apa sblmnya hrs ada catatan holiday dulu ke asia spt ke singpr.thx

    ReplyDelete
  12. @Anonim:Untuk pertanyaan anda saya pastikan jawabannya adalah "TIDAK"...

    ReplyDelete
  13. salamualaykum mas yudha...
    mas boleh minta yahoo messenger ID-nya gak ya? and if dont mind may i know how to make direct contact to u..my email bubut4t4@gmail.com
    best regard,

    thanks for reply..
    :)

    ReplyDelete
  14. Saya ucapkan buanyaaaak terima kasih sama Mas Yudha atas segala informasi dan bantuannya, dan sekaligus membuktikan bahwa ternyata membuat visa Australia memang gak seseram yg orang bayangkan, intinya semua dokumen lengkap dan meyakinkan insyaAllah di approve..
    So once again, thanks so much Mas Yudha...sukses selalu yah..Salam dari keluarga saya yg juga udah dibantu :)

    ReplyDelete
  15. Berkat bantuan dan saran2 dari Mas Yudha, Visa Australia adiknya bos saya akhirnya keluar juga. Makasih ya Mas, udah jd 'tong sampah' sekaligus konsultan masalah visa, hehe....

    Pembuatan visa Aussie ternyata gak sehohor yang sy pikirkan, asalkan semua syarat2nya lengkap dan ngisi formulir aplikasi visanya jg benar.

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. @Aulia & @Indah: terima kasih sudah bersedia mampir ke Blog saya yang jelek, kapasitas saya hanya membantu sebatas kemampuan saja. sementara do'a kalian yang berkeja untuk memberikan efek lebih terhadap aplikasi visa sehingga pihak Kedutaan Australia dapat mengabulkan Visanya sesuai dengan kebutuhan kalian.

    Salam untuk keluarga, sukses selalu untuk kalian. Tetap keep in touch yaa.. :)

    ReplyDelete
  18. Terima kasih banyak Pak Yudha untuk bantuannya. Template surat referensi dr Pak Yudha sangat membantu. Saya akhirnya bisa dapet visa aussie :)

    ReplyDelete
  19. @Olivia : Terima kasih juga untuk Olivia yang sudah mau mampir ke Blog saya. bantuan saya hanya sekedar, tapi Kuasa-Nya yang menolong anda.

    Selamat Berlibur yaaa... jangan lupa oleh - olehnya :D

    *kidding.....

    ReplyDelete
  20. bapak yudha bisa kirimkan no telp anda yg bisa sy hubungi atau YM anda untuk memudahkan komunikasi sehubungan dengan pengurusan visa touris ke australia, mohon bapak yudha kirimkan ke alamat email saya berikut: kikiaulia@rocketmail.com
    thanks so much

    ReplyDelete
  21. Bapak yudha mohon kirimkan no telp/YM anda untuk memudahkan komunikasi sy dalam hal pengurusan visa tourist ke australia..terima kasih banyak untuk kerjasamanya

    ReplyDelete
  22. Pak Yudha, terima kasih untuk informasi dan arahannya selama saya ngurus visa Australia...Alhamdulillah saya udah balik dr oz :D sukses trus ya buat Bapak...

    ReplyDelete
  23. Buat Mas Yudha, Thank you banged bust info and sharing di ym nya :) auk utah dapet loh visa nya, berangkat tgl 2 sept nanti. blog nya membantu banget. tadi nya sempet binggung takut nga dapet visa nya :) makasih banget yah :)

    ReplyDelete
  24. @Citra & @Nelly:terima kasih banyak sudah mau mampir ke blog saya yang sederhana, mohon maaf baru saya lihat Komentarnya...Semoga teman blogger yang lain dapat semakin "PD" untuk mengurus dokumen visanya sendiri.

    sukses juga buat kalian.

    ReplyDelete
  25. ass...kum, Pak Yudha. saya Efendi dari medan, saya maunngurus visa australia tapi saya tidak tahu sama sekali n takut dengan calo2 yang tak bertanggung jawab, aku ingin bantuan bapak gimana cara pengurusanya, kalo boleh saya infokan ini imel saya even_somebody@rocketmail.com

    ReplyDelete
  26. Alaikum salam Bang Effendy, jika ada uneg-uneg berkaitan Visa Turis Australia, silahkan menghubungi YM saya: yudhatama21@yahoo.com agar kita dapat komunikasi 2 arah. Semoga apa yang saya sampaikan nantinya bisa memberikan pencerahan untuk anda.

    ReplyDelete
  27. Pak Yudha..,
    Bagaimana kalau kita sbagai mahasiswa urus visa kita ?
    Sementara kita blm punya penghasilan ?
    Bagaimana itu ??

    ReplyDelete
  28. @Anonim: Buat yang masih mahasiswa atau siapapun yang "merasa" ngga punya penghasilan tapi ingin punya pengalaman liat-liat OZ nggak perlu khawatir dan berkecil hati. Kalo sudah ada niat berangkat artinya ada aliran dana yang mem-back up kaaan?

    Nah tinggal ditunjukan saja aliran dananya dari mana, atau kalo ada penjamin yang ingin membiayai anda sejak berangkat hingga kembali ðäŕĭ. OZ ya di berikan keterangan termasuk apa hubungan anda dengan Sang Pejamin/pemilik dana tersebut.

    Demikian penjelasan dari saya,semoga dapat memberikan pencerahan untuk anda :)

    ReplyDelete
  29. mohon infonya pak krn saya lagi pusing udah 2x apply visa aussie lewat suatu agent tp ditolak terus padahal semua syarat udah lengkap. Kata agentnya sih kemungkinan krn alamat KTP,KK,buku rekening n paspor saya di jatim sementara saya bekerja di sumatera. Mohon pencerahan pak. Trima kasih

    ReplyDelete
  30. brapa biaya pembuatan visa aust per paspor?kalo paspornya msh kosong blm pernah kemana2 apa kemungkinannya kecil untuk dapet visa?

    ReplyDelete
  31. @anonim: salah satu kelemahan *maaf* biro jasa/Agent adalah, mereka hanya menerima order yang masuk tapi tidak melihat dan memberikan konsultasi terlebih dahulu terhadap dokumen yang diserahkan tentang bagaimana sebaiknya mengajukan dokumen, terlebih lagi jika kita sebagai pengguna tidak "cerewet" dan banyak bertanya. Meskipun keputusan sepenuhnya terpulang pada kedutaan tapi setidaknya mereka sebagai "agent" penjual jasa bisa menjelaskan dan dapat men-"screen"ing jika memang dokumen meragukan untuk di ajukan pada kedutaan. Hanya bilang "BISA" pada akhirnya cuma "BUSA".


    Dear Anonim....Konsekwensi penolakan kedua sebenarnya ada kaitannya dengan penolakan pertama. kemungkinan karena jarak pengajuannya terlalu dekat jadi timbul kecurigaan dari pihak kedutaan kalau anda akan melakukan *maaf* penyimpangan terhadap visa, seperti akan bekerja disana dengan visa turis. Padahal yang seperti itu tidak dibenarkan. meskipun anda memang benar-benar akan berangkat ke sana untuk berkunjung / tourism. Dan tidak menutup kemungkinan 2x penolakan tersebut akan jadi sorotan / catatan khusus terhadap pengajuan visa anda ke negara manapun.

    karena itu saya sering menyarankan kepada teman-teman blogger, meskipun mengajukan aplikasi visa turis Australia di AVAC terlihat gampang tapi JANGAN terus menganggap gampang karena KUNCI keberhasilan anda adalah jika semua data yang anda masukan berkaitan dan transparan.

    oya...untuk biaya saat ini silahkan lihat di http://www.indonesia.embassy.gov.au/jakt/VisaFees.html
    kemudian ditambah biaya logistik Rp.160.000 untuk AVAC.

    demikian info, semoga menjadi pencerahan untuk kita bersama...

    ReplyDelete
  32. Mas, kalau punya pin bb...email ke saya ya...ag_tyo99@yahoo.com

    Saya mau tanya-tanya membuat vsia ke australia. trims

    ReplyDelete
  33. @Agung: siap dikirim PIN BBnya ya mas.... Semoga dapat membantu

    ReplyDelete
  34. Mas, boleh tau no tlpn nya atau pin bb-nya, saya mau tanya2 soal visa ke Australia. Tolong di email ke saya ya Mas alexathea85@yahoo.co.id. Thanks

    ReplyDelete
  35. @alexathea85@yahoo.co.id: maaf baru dibalas komentarnya. Sudah terkirim kan PINnya :)

    ReplyDelete
  36. Sekitar minggu lalu sy apply visa Australia sendiri tanpa melalui agent, sy menggunakan sponsor dr Australia yaitu kekasih sy. Dokumen yg sy lengkapi antara lain: for visa turis, copy Ktp, copy Akta lahir, surat keterangan dr tempat kerja, rekening 3 bulan (ini hanya formalitas saja karena sy lbh prefer menggunakan uang tabungan kekasih sy), surat keterangan kerja dr tempat pacar bekerja di australia, bukti kepemilikan rumah pacar diaustralia, paspor pacar yg bisa mengidentifikasikan sbg permanent residence di australia, copy tiket (bisa bookingan dulu). dan setelah sempat deg2an slm 5hari kerja krn maklum ini pasport pertama sy dan visa pertama sy. sy blum pernah kluar negeri sebelumnya dan akhirnya visa berhasil sy dapatkan..puji Tuhan

    ReplyDelete
  37. @Mikha: MANTABS... Congrats yaa, semoga teman-teman yang lain dapat mengikutinya dan bisa jadi pencerahan juga. Karena lebih baik plus lebih afdol mengurusnya sendiri,meskipun agak capek tapi PUAS...hehehe *Thumbs UP*

    ReplyDelete
  38. mohon pencerahan..... visa ausie biasanya diberikan berapa lama? diberikan.... buakan dikeluarkannya...tq

    ReplyDelete
  39. @Anonim: Sepanjang yang saya ketahui...Untuk jenis Visa Turis Australia ada 2 kategori, Single visa dan Multiple Visa.

    Single Visa: adalah jenis visa yang hanya diberikan untuk 1x kunjungan dengan masa berlaku hingga 3 bulan. Dan masa tinggal tidak melebihi masa berlaku.

    Multiple Visa : Merupakan jenis Visa turis yang diberikan untuk beberapa kali kunjungan dengan masa berlaku 6 hingga 12 bulan dan masa tinggal paling lama 3 bulan / 90 hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mas yudha, sy sudah berkali kali (4 x) masuk ke oz dgn visa turis yg di sponsorin pacar. sy berencana untuk kembali ke oz dgn sponsor yg berbeda. sy ingin mengajukan multiple visa, apakah syarat2 nya sama dgn single visa ya???

      thanks

      Delete
  40. Mas Yudha,salam kenal.Saya berencana mengajukan visa ke aussie,tapi butuh banyak pencerahan.Kalo boleh saya add YM anda dan ini alamat email dan YM saya:jag2276x@yahoo.com.Thanks ya sebelumnya

    ReplyDelete
  41. Ikutan Mas Yudha, Sy juga Pengen info urus Visa Turis Ke Australia.. Minta Di bantu mas y Tolong dr awal sampai berhasil dapet Visa? Minta Di tambahkan ke Inbox sy...: bandaarrr@yahoo.com
    di tunggu infonya mas..
    Thx Hendra Lam Kenal.

    ReplyDelete
  42. @Hendra: waaah.... "SESUATU" banget deh bisa membantu teman - teman Blogger. tapi ada yang perlu dipahami terlebih dahulu sebelum memberikan hak pengurusan kepada orang lain,BAHWA keputusan mengenai di approve atau decline -nya visa adalah 100% OTORITAS kedutaan, dan biaya proses yang sudah diberikan kepada kedutaan akan HANGUS jika visa di TOLAK.

    Kalaupun anda tidak sempat melakukannya sendiri atau mungkin domsilinya jauh di luar JABODETABEK, dan percaya kepada saya untuk melakukan pengurusan, maka dengan senang hati akan saya bantu selama tahu konsekwensinya dulu.

    Soo... keputusan ada ditangan anda, dan saya siap berbagi cerita dan menanggapi uneg-uneg teman-teman sekalian. lebih jelasnya akan saya inbox nanti yaaa... terima kasih sudah mau membaca blog saya yang jelek

    ReplyDelete
  43. mas klo soal rekening tabungan ada minimal nya ga?sebaiknya berapa? rencananya saya akan pergi sekeluarga (5org) tp sumber dananya hanya ayah saya. thx before

    ReplyDelete
  44. @Anonim:Pertanyaan ini sangat privasi, sebaiknya di kirim ke email saya aja yaaa ( ada di page "kontak person" **scroll lagi keatas)

    semoga apa yang akan kita share nanti bisa menjadi pencerahan untuk anda. dan perlu digaris bawahi, hal yang akan kita bahas nanti tidak menentukan keputusan kedutaan... So, Semoga Berkaaaah :)

    ReplyDelete
  45. malam pak Yudha, apakah menerima juga jadi agency pengurusan visa working?
    sy sudah add ym bapak, yg yudhatama21, mohon diaccept.
    trims

    ReplyDelete
  46. trims pencerahannya mas yudha tlg minta nopenya kirim ke kakangprabu.aciet@yahoo.com

    ReplyDelete
  47. pak Yudha add YM sya y
    time_square889@yahoo.com
    ada yang mau saya tanyain soalnya


    Makasih

    ReplyDelete
  48. pak yudha saya mau tanya, saya mau apply visa oz sendiri dan saya akan brgkt sendiri.. umur saya sdh 18thn, pertanyaan saya berapa lama visa oz akan selsai? dan kalo dana ditabungan saya tidak mencapai 25jt maka harus memakai copy buku tabungan org tua saya? tlg dijawab ya pak yudha..trims

    ReplyDelete
  49. @Anonim: Sering saya mendapat pertanyaan sejenis, dan saya akan menjawabnya kembali. BAHWA Kedutaan tidak memberikan batasan untuk tabungan / Dana yang anda miliki. Namun seyogyanya kita yang harus "SADAR DIRI" bahwa yang namanya TURIS (apalagi turis yang skalanya Internasional) biasanya identik dengan:

    1. Foya-Foya, menghabiskan Uang.
    2. Hobi

    Jadi anda dapat mendeskripsikan kedua poin tadi kan? Dengan kata lain kondisi keuangan setidaknya cukup mumpuni untuk melakukan rencana perjalanan hingga kembali ke Indonesia. ATAU anda sudah terbiasa jalan - jalan keluar negeri.

    setidaknya Anda dapat memberikan estimasi biaya yang akan anda keluarkan selama anda tinggal disana dengan tidak meninggalkan kemampuan anda membiayai hidup anda setelah kembali ke Indonesia.Dan Anda masih bisa menggunakan Rekening Orang Tua, namun demikian mohon dipastikan bahwa kondisi keuangan tidak memperlihatkan keadaan seolah-olah hanya menjadi formalitas guna mendapatkan visa saja.

    Demikian Penjelasan dari saya, semoga apa yang sudah saya utarakan bisa menjadi pencerahan untuk anda. dan perlu digaris bawahi,BAHWA KEPUTUSAN di SETUJUI atau di TOLAKnya Aplikasi VISA adalah murni HAK kedutaan, So... Semoga Berkaaah...

    ReplyDelete
  50. Mas Yudha...saya mau nanya berapa lama jarak pengajuan kembali visa Australia.
    Saya pernah mengajukan 10Oktober kmrn.Sehari udah lgsg dapet visa utk sebulan.Saya di Australia dr 13nov-11des. Sekarang tiba2 saya diminta kembali oleh kakak pacar saya untuk kembali Januari karena dy sedang liburan pulkam ke australia (dy tinggal d luar Australi)
    Apakah itu memungkinkan untuk saya mengajukan visa kembali?
    terimakasih :)

    ReplyDelete
  51. Halo mas,salam kenal,trimakasih utk tulisannya yg berguna, ada sesuatu yg sy mo tanyakan,mungkin mas tau,
    1, sy tinggal di batam,ktp batam, apakah pengajuan visanya harus ke jkt ato bisa lewat embassy oz di singapur? Sama aja nggak ya?
    2,kalau sy dan suami bertujuan jalan2 ke oz berdua,tanpa ada sponsor teman/keluarga disana. Bagaimana sebaiknya menjelaskan ke kedutaan?kami rencana menginap di rumah teman saja,tp tidak bisa mensponsori kami.
    Makasih ya atas jawabannya,salam

    ReplyDelete
  52. Mas Yudha sy mo tanya kalo kami sekeluarga pengen jalan-jalan ke Australia bulan Juni 2012 dari sekarang mengurus VISA nya, apakah bisa?.....Visanya bgmana sy istri anak 1 total=3 org, juga hrs pny 3 Visa jg?....Tabungan Bank hrs berapa duit utk ber 3 org?.....Apakah perlu copi pembayaran tiket pesawatnya?.....Apakah perlu tanda boking hotel di dekat Pantai Bondi di lampirkan sy pilih hotel ala backpeker saja bisa?...Berapakah total dana utk ber3 sekeluarga pengurusan VISA (tolong mas di urusin saja beres)?...Bls yah!

    ReplyDelete
  53. @helen:saya coba jawab pertanyaannya ya Sist,

    1, sy tinggal di batam,ktp batam, apakah pengajuan visanya harus ke jkt ato bisa lewat embassy oz di singapur? Sama aja nggak ya?

    Jawab:
    Untuk pengurusan visa Australia bagi WNI yg tinggal di Wilayah Indonesia hanya bisa mengurusnya di Jakarta dan Bali (alamat terlampir dalam website AVAC). Sementara bagi yang tidak sempat datang langsung dapat juga memanfaatkan layanan by Post.penjelasan mengenai pengajuan aplikasi by post dapat anda lihat di website AVAC. (Klik url link dalam blog saya).


    2,kalau sy dan suami bertujuan jalan2 ke oz berdua,tanpa ada sponsor teman/keluarga disana. Bagaimana sebaiknya menjelaskan ke kedutaan?kami rencana menginap di rumah teman saja,tp tidak bisa mensponsori kami.

    Jawab:
    Kalo teman anda tidak mau menjadi sponsor, sebaiknya perlakukan saja aplikasi anda layaknya sebagai pengunjung/turis biasa. Karena kedutaan hanya menilai kelayakan berdasarkan pada data yang anda ajukan bukan secara lisan.

    Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  54. @selamat datang:


    Saya coba tanggapi pertanyaannya ya,

    1.jalan-jalan ke Australia bulan Juni 2012 dari sekarang mengurus VISA nya, apakah bisa?

    Jawab:
    Sebaiknya jika ingin di ajukan aplikasi sudah dapat masuk ke AVAC 1-2 bulan sebelum keberangkatan, karena jika nanti dapat visanya yg jangka 3 bulan,bisa expired duluan dong..hehehe

    2.Visanya bgmana sy istri anak 1 total=3 org, juga hrs pny 3 Visa jg?

    Jawab:
    1 visa berlaku untuk 1 paspor,jadi jika anak anda sudah memiliki harus diajukan juga aplikasinya. Kalau belum punya paspor.. Sebaiknya dibuatkan dulu ;D


    3.Tabungan Bank hrs berapa duit utk ber 3 org?

    Jawab:
    Kedutaan tidak menjelaskan perihal keuangan, tapi sepanjang pengalaman saya, kedutaan ingin melihat cash flow anda apakah layak untuk berangkat, dan meskipun kondisi keuangan yang cukup bayak berdasarkn bukti rekening anda, perhatikan juga bahwa di dalam rekening tidak memperlihatkan kenaikan signifikaan yang seolah - olah memberikan anggapan anda hanya ingin memenuhi persyaratan pengajuan visa saja.

    4.Perlu copi pembayaran tiket pesawatnya?Apakah perlu tanda boking hotel di dekat Pantai Bondi di lampirkan?

    Jawab:
    Kedutaan sangat tidak menganjurkan, tapi jika memang sudah ada, boleh dilampirkan..


    5.Berapakah total dana utk ber3 sekeluarga pengurusan VISA

    Jawab:

    Untuk biaya resmi dapat di lihat pada website AVAC.

    Demikian tanggapan dari saya,Semoga berkaaaah :D

    ReplyDelete
  55. Yudha!!! Thank you sudah membantu pengurusan Visa gw. You're so helpful and cooperative walaupun kadang gw bawel dan sering bertanya informasi yg sama 2 - 3 kali haha. Sukses cuy!. Happy Holiday for me :)

    For info aja untuk yg lain nya. Yudha membantu saya mengurus Visa Aussie January ini. Berbekal lengkap semua persyaratan plus invitation letter dr pacar yg WN Aussie, copy npasspor pacar, surat keterangan kerja pacar dan copy tabungan pacar 3 bulan terahir. Hasil nya approval mulus dr Embassy.

    Good luck semua nya. Semoga berhasil Visa nya :)

    Vivi Z

    ReplyDelete
  56. @Vivi: Makasih atas komennya Sist, semoga manfaat yaaa. harapannya silaturahmi ngga cuma sebatas tentang visa aja, siapa tau lain kali kita ketemu lagi dan tetep keep in touch yey..

    Selamat Liburan dan jangan lupa oleh-oleh ... hahahaha.... *kidding*

    ReplyDelete
  57. mas yudha saya mau tanya, rencanaya saya mau ke oz bulan september ini.. tp masih bingung soal visa... saya punya temen di aussie.. dy WN aussie dan mau jadi sponsor saya sebagai pihak pengundang masalahnya dia kan hanya teman sedang klo yg saya tau yg berhak menjadi pihak pengundang adalah org yg memiliki hub kel kandung dgn kita..gimana niy mas bingng banget...sangat ditunggu jwabannya

    oia email diatas masih update ga mas yudha.rui@gmail.com atau okinikurasa@yahoo.com ??

    thx
    mya

    ReplyDelete
  58. @Myamore: untuk sharing silahkan buka halaman "KONTAK PERSON" yang ada di bagian atas postingan ini(warna hijau)... semoga berkaaah..

    ReplyDelete
  59. Dear mas Yudha,
    aku sya, pacarku native aus dan aku diajak dia ke aus thn ini untuk ketemu sang ortu. Pengen banget nanya2 soal visa dan syarat2nya. Dapet rekomend juga dri blog mbak Ullie tentang mas :)
    Aku first timer going abroad nih mas haha,paspor ada tapi masih perawan -.-
    Aku udh add mas di ym dan mas juga udh confirmed friend req aku di FB (sok kenal,maap :P) kapan mas ada waktu buat chat dan konsultasi hehe..
    thanks heaps mas Yudha , hope to talk to you soon!

    -sya

    ReplyDelete
  60. Dear Sya,
    Congrats ya atas undangannya buat berangkat ke Aussie. Silahkan kalo mau chat sama saya boleh kapan aja. Kalo YM Pas lagi Offline boleh kirim pesan by email or FB supaya bisa saya buka YM nya. Atau bisa lihat halaman "Kontak saya" pada blog ini.

    See u soon and let's share your problem... Semoga dapat membantu.


    # Yudha reply from ßlackßerry® #

    ReplyDelete
  61. mas yudha saya mau tanya saya ingin banget ke australia. saya ingin bantuan. saya mau ke australia tapi saya tidak memiliki banyak uang. tp saya ingin mengunjungi tunangan saya. dan katanya dia mau mensponsori saya. tp gmn caranya apakah saya harus meminta uangnya dulu masukin kerekening saya dan menunjukkan ke embassy atau gmn? mohon petunjuknya mas. kalau boleh bantu saya mas. saya sudah add mas.

    ReplyDelete
  62. @Shanty: Dalam kondisi seperti ini, solusinya minta tunangan anda untuk memberikan jaminan penuh terhadap perjalanan yang akan dilakukan. Mulai dari tiket, tempat tinggal,dan jaminan hingga anda kembali ke tanah air. karena kedutaan ingin melihat kemampuan serta kelayakan anda untuk mendapatkan Visa Turis disamping itu Kedutaan ingin menyamakan persepsi antara data yang telah di submit dengan fakta yang ada. Maka saran saya transparan lah dengan kedutaan, berikan data yang akurat. Dengan begitu anda telah bekerjasama dengan Kedutaan, secara tidak langsung juga akan mempercepat pihak Kedutaan dalam memutuskan aplikasi Visa Turis Anda.

    oya, YM anda sudah saya Approve. silahkan... Semoga jawaban saya dapat memberikan pencerahan buat anda :)

    ReplyDelete
  63. KOMEN WEBI UNTUK BLOG MAS YUDHA #1

    Assalamualaikum...buat janji saya ke mas Yudha saya coba share pengalaman apply visa oz yang baru kemaren :D.

    kami sekeluarga berencana untuk berlibur ke oz di bulan Juni ini..jujur ini pengalaman pertama saya mengurus visa sendiri...dulu kebetulan pernah juga waktu kecil kesana...tapi ga tau menahu masalah visa..tau2nya tinggal berangkat aja :D...hehehe. lalu saya denger dan baca sana-sini yang katanya ngurus visa oz tuh susah...banyak yang ditolak..bla..bla..bla.

    waktu lagi bingung2nya ketemulah blog ini..lalu saya baca semua persyaratannya...saya coba penuhi semua persyaratannya...lalu saya langsung contact mas Yudha lewat message di FB dan berlanjut lewat email dan YM dimana mas Yudha saya berondong dengan pertanyaan saya (sebenernya sih ke khawatiran saya...hehehehe)..mas yudha bener2 deh..semua pertanyaan saya dijawab satu2...top dah...ke khawatiran saya diataranya :

    saya liat di syarat2nya ada menunjukan pasport lama. saya khawatir soalnya pasport lama saya isinya 2 kali perjalanan umroh..uda gitu muka saya kaya terorist lagi pas di pasport lama :(. trus saya tanya ke mas yudha apa perlu saya lampirin pasport lama? menurut mas yudha perlu dan ga perlu takut..karena perjalanan umroh itu ibadah..masa kita harus menunda ibadah klo kita mo ke amerika atau ke eropa menurut mas yudha...ya saya pikir bener juga..udah lah lillahi taala saya lampirin pasport lama.

    trus masalah rombongan..saya tanya masalah misal kita applya visa ber 7 orang nih..rombongan..trus satu ga diterima..apa semua kena imbasnya? karena dalam rombongan saya ada kakak saya yang statusnya tidak bekerja di perusahaan melainkan berdagang sendiri dan itu menurut mas yudha gimana? menurut mas yudha itu ga sama sekali. dia pernah mengalami pengajuan 3 orang dimana 1 orang ditolak dan 2 orang di terima. jadi kekhawatiran saya ga terbukti menurutnya. lalu masalah kakak saya dia menyarankan untuk dapat surat sponsor dari orang tua saya bahwa kakak saya masih dibawah tanggungan mereka. ok dan itu saya lakukan.

    lalu masalah rekening..jujur saya baca sana sini ada yang bilang 50 juta lah/orang...ada juga yang 25 juta lah perorang...bahkan ada yang 25 juta untuk 2 orang bisa di granted visanya...nah saya asumsi paling tinggi dulu...50 juta/orang...sedangkan saya punya tabungan dalam 2 rekening...rekening 1 Rp. 51 Juta (itu juga harus nunggu gajian bulan ini :D), rekening 2 (12 jutaan)..total 63 jutaan...ga cukup donk...saya menanggung 3 orang (saya, istri dan anak)...lalu saya tanya ke mas yudha...dan menurutnya ga ada jumlah minimal yang fix untuk tabungan...yang penting tidak ada manipulasi data, pengeluaran dan pemasukan stabil dan sanggup untuk hidup selama disana (kebetulan saya rencana cuma 1 minggu). nah contoh manipulasi data misal tabungan kita cuma ada 20 juta...lalu krn ketakutan akan jumlah minimal 50 juta dia minjem entah darimana 30 juta untuk ditransfer ke rekeningnya..nah itu kejanggalan..bisa juga di tolak katanya. ok klo begitu saya print tabungan saya setelah gajian dan ga akan saya ambil dulu sebelum visa di approve (takut ketawan berkurang...hehehe)...saran saya aja ya mengenai ini..klo bisa print tabungan 3 bulan terakhir itu melalui Customer Service di bank..bukan print buku lalu di foto copy..jadi hasil print tadi di cap sama banknya untuk membuktikan itu bener dari banknya.

    (Lanjutannya liat dibawah yaa..kolomnya ga muat nih ;p)

    ReplyDelete
  64. KOMEN WEBI UNTUK BLOG MAS YUDHA #2

    (Lanjutannya niiih :D)

    nah satu lagi masalah nih...kebetulan saya kan ke sana dalam rangka liburan dan sudah membeli tiket promo dari setahun yang lalu..niat saya cuma pengen nyenengin anak istri gak lebih..lalu saya ajak orang tua saya adik dan kakak biar rame2 sekalian...nah masalahnya tiket promo itu ga bisa direfund klo ga jadi berangkat...nah sekarang mateng lah saya klo visa ditolak ilang dah tuh duit puluhan juta :(...tapi saya pernah baca juga buat ngelampirin aja fotocopy tiket sama bookingan hotel (kebetulan saya juga sudah booking hotel) untuk buktiin klo kita memang serius liburan dan sudah melunasi semuanya..jadi tabungan yang 3 bulan terakhir itu tidak perlu khawatir masalah adanya pengurangan karena pembelian tiket serta booking Hotel. dan saya tanya ke mas yudha. menurut mas yudha memang embassy tidak menyarankan membeli tiket sebelum visa di approve. tapi karena saya sudah beli ya lampirkan saja menurutnya.

    karena menurut mas Yudha sebaiknya mengurus visa itu sendiri tanpa diwakilkan, maka setelah semua persyaratan siap, saya dan keluarga beranikan diri untuk segera apply pada hari senin kemaren (26 Maret 2012). sampe disana karena sebelumnya saya pernah baca bisa pake cc atau debit saya ga bawa uang cash...nah ternyata sekarang ada peraturan baru..harus pake cash (no cc and no debit card)....disana atm cuma ada mandiri dan bca (bank sejuta umat :D)..untung saya ada BCA..yaudah saya ambil dulu dah...hehehe...saran buat temen2 aja..sebaiknya siapkan uang cash aja sebelum berangkat ke PLAZA ABDA (tempat apply visa sekarang namanya PLAZA ASIA). takutya Account bank yang teman2 punya ga ada ATMnya disana :D...untuk info aja, biaya per orang Rp.1.2 juta (sudah termasuk biaya agent VFS)...nah nanti operator disana menawarkan masalah pemberitahuan status visanya..dia nanya mau di beritahu lewat sms atau by web aja..klo lewat sms ada biaya tambahan entah berapa lupa :D...saya pilih cek lewat web aja...nah setelah itu selesai....pas hari selasa malam istri saya iseng cek untuk status visa saya...statusnya tertulis seperti ini

    "the passport has been received from australian embassy, please collect the same from the indonesian visa application center where it submitted"

    artinya tuh passport sudah balik dari oz embassy dan siap diambil...jujur saya bingung...kok cepet amat yak???? saya mulai mikir macem2 deh...takut di tolak :(...emang dasar kampungan kali ya...masa pass malem itu saya kebangun jam 3.45 malem trus ga bisa tidur lagi gara2 kepikiran tuh visa..heheheh...rabu siang istri saya ambil deh..karena pengambilan visa itu bisa di ambil dari jam 2 s/d jam 4 sore, jadi selama jam belum ada kabar tetep was2 saya...takut ditolak..uda gitu istri saya ngomong ke saya by ym katanya pas setelah saya berangkat kerja istri saya ketiduran lagi dan mimpi visa ditolak...makin mikir yang ngga2 saya...ampun dah...setelah dapet kabar ternyata ALHAMDULILLAH visa kami semua GRANTED 1 tahun multiple visit...asli ga nyangka...ini semua berkat ALLAH SWT dan orang yang selama ini bantu saya ya Mas Yudha ini..dia ga ada capek2nya untuk jawab semua berondongan pertanyaan saya...salut buat mas Yudha..TERIMA KASIH BANYAK BUAT MAS YUDHA ^_^...mudah2an pengalaman saya ini bisa bermanfaat bagi semua teman2 ^_^


    Salam

    WEBI

    ReplyDelete
  65. Salam kenal pak Yudha,,
    Saya mau ngajukan visa turis ke Oz tapi masih was-was takut ditolak, jadi saya tertarik sekali untuk sharing (tepatnya tanya-tanya ^_^) soal ini ke pak Yudha. Kalau boleh, saya minta no hp nya pak Yudha.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  66. Salam kenal kembali Joy,

    Silahkan lihat halaman "KONTAK SAYA" (SCROLL ke ATAS).....

    Semoga apa yang akan kita bicarakan nanti menjadi pencerahan untuk anda
    :)

    ReplyDelete
  67. Halo Mas Yudha,

    Saya Lukman, mau mengajukan visa turis ke Australia. semua persyaratan sudah lengkap dan siap untuk dikirim ke AVAC di jakarta. tapi saya ada kendala dengan pembayaran visa, soalnya saya tinggal di Batam. Ketentuan di AVAC bilang bahwa saya hanya bisa membayar menggunakan Cek/Giro sedangkan saya tidak punya akun giro di bank tempat saya membuka rekening. Saya coba email ke AVAC, lagi-lagi katanya satu-satunya cara adalah dengan menggunakan Cek dan saya diminta untuk menanyakan langsung ke kedutaan Australia melalui alamat email yang diberikan. Saya mendapatkan email balasan otomatis dan dirujuk ke halaman web kedutaan Australia. Opsi yang diberikan adalah cash (pembayaran dilakukan di AVAC) dan bank check. Lalu saya berpikir apa mungkin semua orang yang mengajukan visa ke Australia harus ke jakarta atau buka rekening giro terlebih dahulu?
    Ada solusi untuk masalah ini?
    Terima kasih sebelumnya, Mas Yudha :)

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya menghadapi masalah yang sama ni tentang pembayaran. TOLOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOONG!!

      Delete
    2. @Anonim: Untuk Pembayaran Tunai anda dapat datang langsung ke AVAC, atau ANZ Card untuk non tunai.

      Selamat Berjuang :)

      Delete
  68. Halo mas yudha dan semua yg baca blog ini....
    Makasih bgt atas segala bantuannya, mulai dari nanya2, janjian ketemuan, ngurusin permohonan visa turis saya ke australia...
    Permohonan visa setelah dikoreksi ama mas yudha masuk ke kedutaan tgl 12 april 2012, eehh tgl 16 (kemaren) udah dpt email kalo sudah bisa diambil di AVAC.. Karena penasaran bgt, akhirnya gw ngajakin mas yudha ngambil hari ini (tgl 17 april 2012)..... Waktu udah pegang amplopnya, rasanya deg2an kaya mau liat hasil ujian hehehhe.... ALHAMDULILAH Visa diterima utk single travel, selama 3bln...
    Jarang nih ketemu org yg masih mau menolong sesama seperti mas yudha ini, bener2 helpful bgt dah... Insya Allah klo mas yudha lg ada butuh yg bisa saya bantu, feel free to contact me ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Purnawan/Awang: terima kasih kembali Pak Dokter, senang bisa membantu... sebenarnya bantuan saya hanya sekedarnya Pak, Tapi yang menentukan adalah Yang KUASA dengan perantara Kedutaan.

      terima kasih juga atas makan siang dan bincang- bincangnya... jarang ada Dokter yang mau membumi seperti anda :D

      selamat berlibur dan tetap kontak ya Dokter.. suatu saat nanti saya akan butuh bantuan konsultasi untuk rencana anak ke-3 :D (berharap Dokter ngga lupa***)

      Delete
  69. brapa dollar australia minimal kita bawa agar dapat di beri izin masuk ke australia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Anonim: Silahkan lihat komentar sebelumnya mengenai Finansial/keuangan :)

      terima kasih atas kunjungannya...

      Delete
  70. I feel beyond grateful to find this blog. Thanks God and mas yudha, visa pacar saya digranted *yay*.
    So it all started ketika visa tourist pacar saya ditolak, dan saya lumayan panik buat cari informasi mengenai visa yang tertolak ini. Saya Australian PR, dan pacar saya mau berkunjung buat short vacation. Kami menyerahkan semuanya kepada agent dengan harapan gak ribet dan less stress. Dan kami pikir, surat invitation dari saya mampu untuk membuat visa tourist pacar saya lebih mudah digranted. But we were wrong.
    Sampe saya googling2 dan menemukan blog mas yudha. Then i tried to contact him dan seneng banget mas yudha sangat sangat sangat (sampe 3kali mas) membantu dalam usaha kami buat apply lagi. Mas yudha membantu buat evaluasi masalahnya dan kasi masukan2 plus trik2 yang menurut saya ga semua orang tau (now it sounds like you're so sakti, mas. hahaha)
    Pada dasarnya, betul kata orang kalo visa australia gampang-gampang susah. Selama semua syarat dipenuhi aja. Karena culture di Australia sendiri semuanya harus ada hitam diatas putih. Harus jelas-jelas ada evidence-nya.
    Hati-hati ama agent perjalanan juga, karena basically not every agent bener2 paham atau berpengalaman mengurus visa australia. Dan sebelom sign the form, baca lagi mereka isi formnya sesuai ga. Somehow isi form dengan benar juga crucial.
    Thank you once again mas yudha. Thank you udah deg2an bareng sayaa hehe.. Keep in touch and God bless! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yonela Tananda: Akhirnya..... bisa ketemu juga sama pujaan hati *Yippie*...

      Terima kasih juga atas tanda tangannya *komen* di blog "Catatan Yudha", semoga komentar kamu dan teman - teman disini bisa membantu para pencari informasilainya untuk mendapatkan pencerahan guna mengurus Visa Turis Australia nya sendiri

      Tetap Keep in touch ya Sist... see you again :)

      Delete
  71. Dear Pak Yudha,
    Terima kasih (lagi) atas segala bantuannya dalam memandu dan memberi saran yang baik untuk aplikasi visa turis ke Australia. Pak Yudha benar-benar membantu sampai ketik email panjang lebar untuk menjelaskan ke saya :D

    ini adalah kesempatan pertama saya untuk travelling ke negara luar selain Asia. Karena untuk masuk ke Australia harus mengajukan visa, maka saya mulai cari tahu semua mengenai visa turis dan...menemukan tulisan Pak Yudha ini. Lalu saya kontak Pak Yudha melalui email untuk panduan mengisi form aplikasi 48R. Pak yudha juga membantu review kelengkapan dokumen dan saldo dibuku tabungan (semua melalui email). Setelah semua ok, saya masukkan semua dokumen ke Travel Agent tgl 14 Mei( sebenarnya mau ke VFS langsung tapi tidak punya cukup waktu). Pihak Travel agent bilang proses 7-10 hari. Kemaren tgl 23 Mei saya dapat kabar kalo visa saya sudah selesai. Dalam perjalanan ke Travel agent untuk ambil visa itu beneran gag tenang. Pas sampe sana dan diserahkan paspor yang ada tempelan visa australia, rasanya PLONG! pas baca tulisan :VISA GRANTED! ..ternyata memang benar, kalo semua dokumen kita lengkap dan relevan, pasti bisa! :D Malamnya saya langsung kirim email untuk mengabari Pak Yudha atas visa saya :)

    So, buat yang mau apply visa turis Oz dan masih bingung, boleh tanya dan minta bantuan ke Pak Yudha, memang keberhasilan granted/tidaknya visa kita di tangan embassy, tapi setidaknya kita lengkapi dokumen kita dengan baik :D

    Have a blessed day all :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Janiver : Terima kasih juga sudah mau kasih tanda tangan di Blog ini... saya hanya membantu sekedarnya..tapi KuasaNYA yang menuntun anda untuk mendapatkan keputusan yang terbaik :)

      Selamat Berlibur dan tetap Keep in Touch yaaa.... Semoga teman - teman yang lain bisa mendapatkan pencerahan juga dari blog ini.

      Semoga Berkaaaah...!!!


      # Yudha reply from ßlackßerry® #

      Delete
  72. Dear Mas Yudha....
    Saya sangat senang membaca artikel Mas...
    banyak yg ingin saya tanyakan mengenai Visa ke Aussie
    bisakah kita ngobrol lewat email Mas?...
    Kalo bisa...ini email saya Mas...dragon.doggie@yahoo.com
    terima kasih sebelumnya ya Mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Valent : Silahkan di add YM saya yudhatama21, semoga apa yang akan kita bicarakan nanti akan menjadi pencerahan untuk anda

      semoga Berkaaaah....!!!



      # Yudha reply from ßlackßerry® #

      Delete
  73. Haduh baru nemu blog ini. Agag telat yah -_-. Mas aku baru submit visa hari jumat kemarin. Pake sponsor pacar, cuma dimention'a as a friend sih di sponsor letter'a. Ngaruh ga ya mas? Other document such as copy passpor'a dia (WN Aussie), Proof of Fund punya dia juga, reference letter dari kantor sih ikut di attached juga. Kira-kira di approve ga ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nofi YantiSari: Biasanya ikatan keluarga jadi prioritas, tapi ngga menutup kemungkinan jika kedutaan menilai kamu layak untuk berangkat kesana selama bukti- bukti yang kamu berikan cukup jelas bagi kedutaan dalam menentukan keputusannya.

      Sori agak lama balasnya karena banyak kegiatan dikantor yang belum bisa di tunda...Good Luck yaaa.... :)

      Delete
  74. Pak Yudha

    slm knl sblmny..aduhhh sy jg telatt bngtt br nemu blog ini!!!:( sy ud cr2 info ttg visa oz ini tp ga ktm yg valid..sy jg ud puluhan x telp k AVC ttp tdk prnh djwb ( slalu dlm nada tunggu/sibuk!) :((
    ym sy :lindie_fruity@yahoo.co.id
    email: lindielight@live.com.au
    sy ingin tanya bbrp hal ttg visa oz.
    Dmohon bantuan info2 u/ pencerahannya.
    thx a lot!:)

    ReplyDelete
  75. Sesuai janji aku nih mas, aku kasih oleh2 :D
    ATTENTION: buat semuanya yg mau ngurus visa oz, paling asik emang sama mas Yudha ini.Orangnya BAIKKKK BANGETTTT, ramah dan slalu appreciate dengan pertanyaan2 kita.

    Aku baru pertama kali apply visa oz, Alhamdulillah "GRANTED" :D pas banget tadi baru ngambil ke AVAC dan super excited pas buka passport di sana :D Makasih banyak banyak banyak banget buat Mas Yudha, udah guiding aku selama ini :) Aku kasusnya fully accomodated by pacar yg native aus, padahal aku ga submit bank statement aku sama sekali (karena jumlah yg kecil dan takut ngegagalin :p ) tapi dengan izin Allah dan konsultasi berkali2 sama mas Yudha, tembus juga nih visa!!
    Thanks heaps mas! Barusan aja aku booking flights hehe :D Makasih banyaaaaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Syafira Maulana:

      Yippiiiiii... Terima kasih oleh-olehnya sudah aku terima ya Syaaa... :D

      selamat berlibur dan tetap keep in touch yaaaa... Terima kasih kembaliiiiiiii....

      Thats what Friends are For ;)

      Delete
  76. halo, saya mau mengucapkan terimakasih kepada Mas Yudha yang telah dengan sigap dan tanggapnya membantu mengambilkan visa saya di AVAC.
    Kebetulan saya posisi di Jogja dan apply visa via pos service. Say udah pesan tiket buat tanggal 4 juli dan ternyata baru dapet konfirmasi kalo visa uda selesai tgl 3 juli dan akan dikirimkan ke Jogja. Butuh waktu 2 smpai 3 hari buat visa bisa sampai di Jogja. oleh karena itu, saya putuskan untuk membatalkan jasa pegantaran visa dan langsung menghubungi mas yuda untuk mengambilkan visa saya di AVAC. Mas yudha ini orangnya sungguh tanggap, friendy, dan bisa dipercaya. karena saya juga uda terlanjur pesen tiket jogja-JKT di hari yang sama maka saya janjian sm mas yudha buat ketemu di cengkareng sore harinya. mas yudha dengan sabarnya mau nungguin peswatku yg delay 2 jam an.
    alhamdulillah visa pelajar Aussie Granted dan beberapa jam kemudian saya bergkt menuju Adelaide dengan visa di tangan (walo tidak ditempel di paspor visanya, cuma dikasi semacam surat). :D

    bagi rekan2 yang mau ngurus visa aussietapi bingung atau repot, bisa menghubungi mas yudha ini untuk minta saran atau bantuan. InsyaAllah mas Yudha seorang yang bisa dipercaya dan jujur.
    Salam mas Yudha, sampai jumpa di lain kesempatan.
    Semoga bisa lekas menyusul ke Australia. AMin
    *Rahmat Dwi Santoso(Student Exchange Program, UGM - University of Adelaide). Bisa dihubungi di like.rahmat@yahoo.com.
    God bless you all. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @RDS : Terima kasih Masbroooo..... waduh, jadi di promosiin nih ;P

      Tetep keep in touch ya Masbrooo... biarpun kita baru ketemu pertama kali dan bakalan lama ngga ketemu. Masbro Juga baik nih mau mendo'akan saya biar bisa sampe Aussie dalam waktu dekat.... hahahaha.... (**tapi koq jadi mirip-mirip calo terminal sih... yang lain bisa berangkat tapi saya malah ngga sampe-sampe**) :P

      Delete
  77. rima#mas yudha sy mo nanya nih..kmrn saya dah app visa ke uk,tp d refuse dng alasan booking hotel d atas nama oleh orng yg tnggl d uk.Pd hal sy g kenal orngnya,cm kmrn sy minta sepupu utk booking hotel ternyata dia malah nyuruh kenalanya yg d uk utk booking.Dlm statemant,saya mengatakn klu sy g kenal siapa pun d uk.Gimana dung solusinya..pdhl sy dah booking tiket PP.Tlngin saya dong mas...

    ReplyDelete
  78. pak yudha minta email address nya dong mau tanya-tanya - email saya: cynthia_marlissa@yahoo.com - tq yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Cynhia: Silahkan di liat di Blog saya halaman "KONTAK PERSON"

      Semoga Bermanfaat :)

      Delete
  79. Siang Mas Yudha...
    Salam kenal dari saya Wulan. Mas Yudha, Wulan minta emailnya atau FB nya donk. Mau Tanya-tanya.. Email dan FB Wulan: v_wulan_utami@yahoo.com

    Makasih.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Wulan : Silahkan lihat di Blog saya dan KLIK halaman "KONTAK PERSON"

      Semoga Bermanfaat :)

      Delete
  80. salam kenal mas, mau nanya kalo nama pasport lain dengan nama di ktp,tapi sama dengan nama di akte lahir dan ijazah, apa bisa untuk urus visa australia? nama di ktp tidak pakai nama marga/orang tua-jadi nama ktp dan paspor tidak sama.
    trimakasih mas
    Salam, bambang

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bambang :

      Ngga masalah Pak... biasanya paspor seperti ini di alami oleh orang - orang yang pernah berangkat Haji/Umroh. Selama hal itu di kuatkan oleh data- data yang lain sebagai acuan data perubahan nama dalam paspor, saya rasa ngga ada masalah.

      Contohnya: nama Orang tua terdapat dalam Surat kenal lahir, Kartu Keluarga, Akte Lahir, dll... ga percaya? coba di lihat :D

      Demikian penjelasan dari saya, semoga berkaaah :)

      Delete
  81. Salam kenal mas, blog-nya ngebantu banget. kebetulan aq pingin buat visa ke aussie untuk berangkat insyaallah sekitar february. Aq pingin banget konsultasi untuk pembuatannya terlebih karena aq tinggal di surabaya jadi gag bs langsung datang ke AVAC. so... bs minta alamat email mas Yudha?? thx be4

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Renata:

      SIlahkan Siiist... ada di halaman "Kontak Person" Tuuuuuh... di bagian atas blog ini.. tinggal "KLIK"

      Semoga Berkaaaah :D

      Delete
  82. Alhamdulillah setelah H2C selama 1 bln trakhir ini, akhirnya visa oz sy & kel (7 org) granted, berkat bantuan Mas Yudha..
    Bermula dari adanya tiket promo air asia Denpasar-Perth pp yg super duper murah, tanpa fikir panjang lgs issued tiket utk penerbangan di bln Sept 2012. Besok2 baru ngeh klo ternyata (katanya) urus visa oz itu ribet & byk yg ditolak. Duh, hari2 H2C dimulai sdh..Mulai deh googling info2 pengurusan visa oz. Dari skian byk web/blog yg sy lihat, ternyata blognya Mas Yudha menurut sy paling informatif. Sy catat data kontak & hubungi Mas Yudha via YM yg berlanjut ke bbm-an & komunikasi telpon. Ngga sangka, Mas Yudha ternyata ramah & helpful bgtss, pdhl baru kenal *2 thumbs up dweh*. Mas Yudha jg anytime available utk dikontak & dgn sabar menjawab pertanyaan sy yg seabrek2. Saran Mas Yudha, sy mulai urus visa 1 blm sblm berangkat(akhir Juli/awal Agustus). Sambil nunggu waktu pengurusan, sy lengkapi berkas2 utk 7 org (sy, suami & 2 anak serta kakak & 2 kponakan), spt : surat pernyataan benar bekerja dgn penjelasan main job, lama bekerja & besarnya salary sekaligus pemberian izin cuti utk liburan dari ktr suami jg surat izin dari suami kakak sy ( krn brangkat tanpa suami), surat nikah, kartu kel, akte kelahiran, surat keterangan & izin dari sekolah anak sy, tiket pesawat & itinerary, fotocopy buku tabungan, deposito yg dilengkapi dgn surat keterangan/referensi dari bank. Semaksimal mungkin sy lengkapi berkas pengurusan visa dgn harapan agar visa sy bisa diapprove dlm wkt yg ngg lama. Sblmnya sy jg dtg ke AVAC utk lbh byk mendptkan info. Ternyata per Juli 2012, biaya pengurusan visa naik, jd Rp. 1.320.000/org & wkt pengurusan yg tadinya 5 hari jd 10 hari. Duh, makin senewen deh. Kebayang klo visa ditolak, rugi tiket & biaya visa yg mahal( 7 org boo). Untungnya Mas Yudha selalu kasih semangat utk optimis, kata Mas Yudha, jgn punya fikiran yg jelek, yakinkan hati kita, klo visa oz kita pasti diapprove. Akhirnya tgl 29 Juli sy ajukan berkas ke AVAC, sy jg ditawarkan layanan sms pemberitahuan klo visa sdh selesai, biayanya rp 20 rb/org, tapi krn berhemat, sy pilih yg tak berbiaya, dgn rajin2 ngecek ke web pengurusan visa. Tgl 2 Agustus siang sy coba cek ke website, Alhamdulillah visa sy & kel sdh selesai. Senang skaligus deg2an, krn blm tahu diterima/ditolak. Jumat sore visa diambil..granted utk 7 org. Bahkan sy, suami & 2 anak dpt yg multi entri sd feb 2013. Oh ya format visa skrg ternyata berubah, tdk lagi ditempel di paspor, tapi berupa 2 lmbr kertas hvs (print out & bw), sehingga sy sempat berfikir bhw itu surat penolakan visa. Jd buat teman2 yg mau urus visa, spt saran Mas Yudha, selalu berfikir optimis & lengkapi berkas visa selengkap mungkin agar visa kita diapprove dlm wkt yg tdk lama. Terimakasih byk Mas Yudha. Smoga amal baik Mas Yudha mendptkan balasan yg lbh baik dari Allah SWT. Aamin YRA

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Anonim:

      Terima kasih oleh-olehnya :D ..... semoga informasi ini bisa membantu dan menjadi pencerahan buat teman-teman yang lain untuk dapat melakukan proses aplikasi visa turis Australianya sendiri.

      Selamat Berlibur dan Semoga Berkaaaaah :)

      Delete
  83. mas Yudha punya contoh surat sponsor dari orang tua ngga? kebetulan saya masih kuliah dan coba cari di google ngga ketemu2. makasih chairani.marliana@hotmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Anonim:

      Mungkin yang dimaksud anda adalah "SURAT IZIN ORANG TUA", memang tidak ada template baku mengenai surat yang anda butuhkan, untuk contoh anda bisa mengubah bentuk Surat Izin Suami/Istri menjadi surat izin orang tua. tapi jika kurang paham akan saya coba bantu kirimkan ke email yang telah anda cantumkan dalam komentar posting.

      Semoga berkaaah :D

      Delete
  84. Mas Yudha, minal aidin wal faidzin ya mas (maap OOT :p) semoga makin sukses dalam pengurusan visa-visaannya :)
    nanti misalnya aku mau kuliah di Oz, bantuin lagi yaaa ngurus student visa-nya :D

    Thanks banget buat bantuin aku dlm rangka trip ke aussie bulan july, awesome and memorable moments,indeed :)

    salam untuk keluarga, semoga makin jaya dan bisa merambah ke visa2 negara yurep dan amrik juga heheheh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Sya:
      Amiiiiiiiien.... hahaha.... maap juga karena telat balasnya, tapi so far ga ada masalah kan siiiiist??

      hehehe... sama-sama yaaa, makasih juga do'anya. sayang banget kita ga bisa ketemuan waktu di Margocity. Tapi lain kali jangan lupa undangan makan-makannya ditunggu niiiih :P

      #kidding

      Delete
  85. Acie7000

    Mas saya Acie posisi saya di semarang,
    Mas yudha saya rencana mau ke australia untuk wisata bisa di bantu untuk ngurus visa turisnya ndak, kira" biayanya sampai berapa..saya sudah nge-ad ym anda...
    email saya...acie7000@yahoo.com
    terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Acie7000:
      Untuk Bantu review dokumen silahkan di email aja ke tanyayuda@gmail.com, tuangkan pertanyaannya di sana saja yaaaa. Semoga apa yang akan di utarakan nanti dapat membantu anda. :)

      Delete
  86. Dear mas Yudha saya kiki dan ada yang saya mau tanyakan,
    saya mau mengajukan visa kunjungan ke australia untuk 3 orang yaitu saya dan ayah ibu saya. tujuan kebrangkatan kami adalah untuk mengunjungi kakak saya yang sedang berkuliah di sana sekalian untuk menghadiri wisudanya di bulan december nanti.untuk sponsorship saya mendapat sponsor dari kakak saya di australia tetapi kakak saya bukan permanent residence disana. selain dr kakak saya, rekening yang digunakan adalah rekening ibu saya yg jumlahnya cukup untuk kami bertiga.
    nah, jadi yang saya tanyakan form apa yg harus saya gunakan? apakah 48r atau 48s karena saya mencantumkan nama kakak saya sebagai sponsor??
    thanks untuk informasinya...
    regards,
    kiki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan gunakan Form 48R, bisa langsung donlot pada artikel di atas...

      Semoga Berkaaaaah !!!! :)

      Delete
  87. Dear All,

    Untuk bapak, ibu dan atau saudara/i sekalian yang ingin memiliki Visa Turis, Visa Bisnis dan Visa Student/Pelajar khusus untuk tujuan Australia dan Inggris, saya dapat membantu dalam pengurusannya..

    Informasi lebih lengkap silahkan inbox ke e-mail saya:
    avisa545@yahoo.com

    Thanx



    Rgds,

    Anto

    ReplyDelete
  88. Dear Yudha !!
    Thank you so much for helping my beautiful girlfriend Dita in the process in getting her travel visa to come to Australia as we didn't know what to expect or documents
    That where required from the Australian embassy .
    Yudha helped make sense of the application and informed us in the information and documents that was needed to help make the approval of the travel visa go thru without a problem and trouble free .
    I would highly recommend in seeking Yudha's help as our application was a full success !!
    Thank you Yudha :-)
    Kind regards pete & dita

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Pete :
      Thankyou so much for your compliments, i'm Happy that dita has succesfully got her visa, I think it's the gift from God for Both of you, and i just helped a little bit by sharing what i know

      So... May you an Dita be blessed with love and happiness forever. And remember for keep in touch yaaaa :))

      Delete
  89. Mas yudha sesuai janji dita nich mau curhat di blog nya abis visa ku granted. Awalnya gw kenal mas yudha setelah masukin dokumen2 via travel agent pas pertama kali apply visa 5 bulan yang lalu. Cuma sayang telat kenal...:( eeeh gw dapat info dari travel agent kalo visa gw di tolak :( kecewa banget pastinya...:( Trus awal september ini gw coba lagi apply visa tapi kali ini gw mau urus sendiri ga pake travel agent selain mahal dan ga begitu ngebantu juga gw pingin urus sendiri visanya dan minta bantuan mas yudha juga. makanya gw banyak sharing ama mas yudha yang pure ngebantu dita ngereview ulang kelengkapan dokumen2 gw. dan hasilnya my visa granted hanya dalam 7 hari. Yippie. Senang banget! So guys kalo ada yang mau apply visa aussie, dita saranin minta bantuan ama mas yudha yang super sabar ladenin dita yg super cerewet ! Haha maybe gw waktu itu uda down and hopeless kali ya! Haha anyway thanks a lot mas yudha akhirnya gw bisa ke aussie awal oktober ini meeting my pete's family :) . Gbu always mas yudha! :)


    Regards,


    Dita & Pete

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kembali Dita.... ASLIIIIII saya suka banget kata - kata "dita yg super cerewet"

      Itu kamu banget deh pokoknya [wakakikakikakikak]

      Tapi Jujur...saya senang pada akhirnya kamu bisa berangkat dengan usaha sendiri. So... akhir kata, tetap komunikasi yaaa.. jangan putus tali silaturahmi sampai di sini & .... Semoga Berkaaaah!!! :D

      Delete
  90. mas yudha saya max mau nanya tentang pembuatan visa,apa mas yudha bisa bantu,saya ada rencana bln desember ke oz.....saya uda add ym mas yudha...ada yang saya ingin tanyakan tentang pembuatan visa...ym saya maxrizal76@yahoo.co.id....thks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di share uneg - unegnya Masbro... dan saya akan bantu semampu yang saya bisa :)

      Semoga Berkaaaaah....!!! :D

      Delete
  91. sebelumnya terima kasih buat semua info yg sangat berguna dari mas yudha, saya rencanyanya 16 Nov nanti mau ke oz, boleh minta pin BB nya mas yudha, kalo bisa diemail aja (ariefmaudody@yahoo.com). trims

    ReplyDelete
  92. maaf mas,ternyata diatas udah ada contact person nya :D
    saya mau tanya untuk apply visa beserta istri,tapi untuk apply visanya istri saya tidak ikut, apakah harus pakai surat kuasa atau tidak. dan formulir diisi masing-masing atau digabung 1 Form saja.
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Formulir harus di isi.... 1 Paspor >> 1 Form

      Delete
  93. Mas Yudha,salam kenal,saya amat sangat butuh pencerahan mengenai pengajuan visa Oz,sy add pin  nya,trims ya.

    ReplyDelete
  94. Bismillah,
    Hi mas Yuda yang baik, salam kenal. Saya Sarah Hajar, insyaAllah Juni 2013 saya akan berlibur ke Sydney dan kalau tidak ada halangan akan mengunjungi Queensland juga. Saya sudah beli tiketnya tuk sekitar 10 hari krn ada promo dari Air Asia, tanpa berfikir panjang, saya langsung booking hehe. Di Sydney, saya akan tinggal dengan teman saya berkebangsaan Italia, beliau dosen dan baru tinggal di Aussie sekitar beberapa bulan dan saya juga diajak menginap di rumah teman saya WNI, yang mempunyai suami yang bekerja di Sydney setahun ini. Di Queensland, saya akan tinggal dengan teman saya WNI yg sudah PR. Nah pertanyaannya
    1. Apakah akan membantu kalau saya dapat 3 invitation letter dari mereka, walaupun akhirnya saya tdk jadi ke Queensland (sementara yg sdh PR, mereka) ?
    2. Tabungan saya hanya sekitar 10 jt, apakah cukup memadai ?
    3. Saya akan pergi sendiri, apakah surat ijin ortu sepenting surat sponsor dari tempat saya bekerja ?
    4. Bulan apakah ideal saya mengajukan visa, sehubungan saya pergi bulan Juni 2013
    Hwaaaaa panjang ternyata...terima kasih banyak atas bantuannya ya mas.wihhh ada pin mas Yudha nih, saya add ya mas :))
    Best Regard

    ReplyDelete
  95. Hi Mbak Siti,

    Salam kenal juga dari saya, terima kasih sudah mau mampir ke blog saya yang jelek. Langsung coba saya jelaskan jawab ya Mbak berdasarkan ilmu "Sotoy" saya yang sudah teruji :)) #gayaparanormal ...:

    Tanya:
    Apakah akan membantu kalau saya dapat 3 invitation letter dari mereka, walaupun akhirnya saya tdk jadi ke Queensland (sementara yg sdh PR, mereka) ?

    Jawab:
    Saya rasa cukup minta Invitation letter dari 1 orang yang menurut Mbak Siti memiliki kompetensi dan kualifikasi yang cukup kuat untuk mengundang anda daripada menyertakan beberapa orang yang pada akhirnya hanya membingungkan pihak konsuler dalam melakukan verifikasi dokumen yang di submit. Karena yang perlu dipahami adalah... Jika data transparan, sesuai dengan data dan fakta, Insya Allah... ada "jalan" untuk jalan-jalan :))


    Tanya:
    Tabungan saya hanya sekitar 10 jt, apakah cukup memadai ?

    Jawab:
    Sebenarnya untuk kisaran biaya tidak ada ketentuan harus berapa banyak, tapi setidaknya kita harus bisa memperkirakan berapa banyak biaya yang dibutuhkan dengan waktu yang dipergunakan untuk tinggal disana. karena semua kegiatan yang kita lakukan tidak terlepas dari beban biaya yang akan di keluarkan. Beban biaya tersebut mulai dari TIKET PP, TEMPAT MENGINAP, AKOMODASI, & BIAYA LAIN - LAIN seperti Beli Souvenir / oleh-oleh dsb.Karena Kunjungan Wisata itu identik dengan kata JALAN-JALAN dan FOYA-FOYA maka sebaiknya persiapkan kondisi anda. Naaah... saya balik tanya niiih... Cukup kah keuangan yang anda siapkan untuk membiayai perjalanan beserta biaya hidup anda sejak berangkat hingga kembali ke Indonesia? (jawab dalam hati saja ya Mbak :D)

    Tanya:
    Saya akan pergi sendiri, apakah surat ijin ortu sepenting surat sponsor dari tempat saya bekerja ?

    Jawab:
    Surat izin orang tua diwajibkan untuk applicant yang berusia dibawah 18tahun, Jika usia anda lebih dari 18 Tahun maka hal ini menjadi optional.


    Tanya:
    Bulan apakah ideal saya mengajukan visa, sehubungan saya pergi bulan Juni 2013

    Jawab:
    Sebaiknya ajukan aplikasi anda 1-2 Bulan sebelum keberangkatan, hal ini untuk mengatur waktu persiapan keberangkatan dan mengajukan aplikasi kembali jika kemudian permohonan anda ditolak oleh kedutaan. Kapan bisa mengajukan lagi jika aplikasi ditolak???? jawabnya... secepat anda melakukan perbaikan data dalam pengajuan aplikasi.


    Demikian penjelasan dari saya, semoga bisa di pahami. untuk pertanyaan lain Silahkan di add Pin saya Mbak :) ... tapi jangan susah - susah ya Mbak Siti :))

    Akhir kata SEMOGA BERKAAAH... !!

    ReplyDelete
  96. Mas yuda, mohon bimbingan untuk pembuatan Visa my mail:tria.safe@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuuuk, kita Sharing bareng yaaaa.. :)

      Delete
  97. Mass yudhaa...aku jg mau tanya2 donk,
    Bagi YM nya ya mas yudha
    No telp klo boleh hihi
    ini email aku mas cherizza.gloria@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di kirim By Email ya Sist :)

      Semoga BERKAAAAAH.... !!!

      Delete
  98. Mas Yudha makasih banget atas pencerahannya,
    karena keterbatasan waktu kami apply visa OZ via travel agent, tp sampe detik2 terakhir mau masukin berkas, perasaanku masih GALAU, untung ketemu blog Mas Yudha, baca-telfon-janjian ketemu,semua dihari yang sama, kebetulan juga hari sabtu itu Mas Yudha sedang ada di Bogor. Setelah dibantu periksa dan koreksi dari Mas Yudha, akhirnya dengan H2C mulai kami masukan berkasnya,ternyata ga sampe 7 hari, Visa kami sekeluarga granted!!!!! Senengnyaa!!!!!
    We'r flying to Oz \'0'/
    Terima Kasih ya Mas Yudha, Tuhan berkati Mas Yudha dan keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas oleh - oleh nya Sist... Komen anda sangat berguna buat teman - teman yang masih kurang PEDE untuk mengajukan aplikasi visa turis Australia nya Sendiri :))

      Happy Holiday dan tetap keep in touch yaaaa.... Akhir kata, Semoga BERKAAAAH !! :))

      Delete
  99. assakamu'alaikum mas yudha. salam kemnal nich. ijin copy yaa ...sukron wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Persilahken... SEMOGA BERKAAAH... :))

      Delete
  100. Hallo Mas Yudha, salam kenal , namaku nana, Aku ada rencana mau ke Aussie bulan Maret 2013 , aku mau tanya2 mas,jujur aku masih bingung, tapi via email aja, boleh tau alamat emailnya gak mas? n ini alamat email ku nana_andriani@yahoo.com.

    thanks mas Yudha

    ReplyDelete
  101. pengen tanya tentang ngurus visa niy mas,brhubung mash buta. .via email aja ya,vebbry_cutie@yahoo.com.sg

    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Vebbry,

      Sudah saya japri ke Personal Email yaaa

      SEMOGA BERKAAAH...!!! :)

      Delete
  102. Salam kenal mas Yudha, aku ria, suami dan 3 orang anak di bawah umur rencana mau ke ausie bulan agustus 2013, masalahnya udah pesen tiket jkt-melbourne pp dan bookingan hostel serta transportasi domestik di sana, sekarang belum ngajuin visanya udah galau duluan, rasanya kurang pede banget apalagi baca2 banyak temen yang ditolak, makin tambah mikirin aja.
    Gini mas, aku istri yang tidak bekerja pure rumah tangga, kira2 masalah enggak untuk pengajuan visa nanti bahwa cuma suami doang kerja yang pake keterangan perusahaan trus yang ngajuin visanya ke AVAC jg aku sendiri tanpa suami dan anak, apa mereka itu harus ikut juga? sebelumnya thanks atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Ria,

      Untuk mengajukan aplikasi Visa Turis Australia ngga harus semua applicant -nya ikut. salah satu diantaranya boleh koq... bahkan di wakilkan juga boleh sama yang lain jika memang Sist Ria ngga sempat melakukan aplikasi visanya sendiri.

      mengenai status Sist yang Ibu RT, juga ngga masalah. karena selama kita berangkat dengan Suami yang notabene adalah "leader" dan penanggung jawab terhadap biaya yang akan dikeluarkan, jelas data anda dan keluarga akan mengikuti data sang Suami tersayang. Jadi intinya... status anda tidak menjadi masalah untuk melanjutkan pengurusan permohonan Visa Turis Australia di AVAC.

      demikian penjelasan dari saya... SEMOGA BERKAAAH..!!! :)

      Delete
  103. Mas yudha may Tanya dong, sejauh man sih itenerary it printing gak bust pengajuan visa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear May,

      anda bertanya mengenai seberapa penting itinerary ticket / Travel Plan dalam pengajuan visa.... secara administrasi saya akan menjawab hal ini akan menjadi sangat PENTING jika anda berencana untuk melakukan kunjungan wisata MURNI.

      Koq bisa???? Jelas saja... karena kunjungan wisata dilakukan berdasarkan RENCANA anda, dan hal ini pasti sudah anda siapkan jauh hari sebelumnya. bagaimana pihak kedutaan akan yakin bahwa anda ingin melakukan kunjungan wisata ke Australia, sementara anda tidak memiliki data yang kuat untuk pergi berkunjung kesana. Maksudnya data yang kuat??? .... yaaa diantaranya berupa itinerary tiket, travel plan dan reservasi hotel untuk anda tinggal disana.

      Memang Siiiih... kedutaan ngga menyarankan untuk membeli tiket terlebih dahulu dalam mengajukan aplikasi Visa ini, tapi setidaknya anda coba tunjukan data-data yang dapat menguatkan aplikasi visa anda supaya pihak Kedutaan Australia yakin bahwa anda sudah BERENCANA dan LAYAK untuk berangkat ke sana.Apalagi perjalanan WISATA itu identik dengan kata "FOYA-FOYA" dan "HEPI-HEPI"... masa sih mau kesana ngga bisa beli tiket :P [piss]

      Demikian tanggapan dari saya, mohon maaf dan koreksinya jika ada salah kata.... akhir kata, SEMOGA BERKAAAH :)

      Delete
  104. mas yudha, aku nita, mau minta info2 dong mas yudha, kalau boleh minta pin bb nya dong ke nietha_yn@yahoo.com, aku ada chat mas yudha, tapi tanpaknya mas yudha jarang buka ym, aku mo sharing soal visa, visa ku sudah ditolak dua kali nih, apakah ada kemungkinan nama ku di blacklist nantinya kalau aku mengajukan lagi dan gagal. padahal semua syarat yang aku buat sudah sangat lengkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Nietha,

      Sudah di kontak ya Sist,semoga apa yang menjadi uneg - uneg anda tersampaikan dan dapat saya jelaskan dengan baik

      Akhir kata... SEMOGA BERKAAAH!!! :)

      Delete
  105. Mas Yudha, tks so much udah sudi direpotkan dgn bbm/ym/telp ku. Atas advice Mas Yudha, aplikasi Tourist VISA ku udah ditangan nihh .. Sempet deg2an krn submit jumat siang 10 jan, eh selasa pagi udah ada notif kl sudah bisa diambil. Whoooaaa sempet skeptis nih, kok prosesnya "TERLALU CEPAT" dr estimasi normal yg skitar 4-5 hari kerja. But, kata Mas Yudha "Keep optimistic, Sis" .. menerjang ujan n banjir akhirnya H2C ku berakhir ... VISA GRANTED!!!!

    whoooaaa .. OZ, here i come, cant hardly wait :D

    Oh ya, buat ref aja, dok yg ku submit kemarin itu form lengkap, foto colour passport size, orig/fc passport, fc KTP + KK + Akte, orig. srt ref kantor, orig. rek koran/tabungan yg di cap bank (saldo-ku gk sampe puluhan juga lho!!!). Sedangkan dok yg dari pihak sponsorku itu (OZ Citizen): fc/scan invitation letter + employment letter (srt keterangan dr tmpt kerjanya yg menyebutkan posisi/salary, etc) + passport/Driving Licence/bank statement/history internet banking-nya, udahhhh gitu doang

    So, buat yg mo apply Visa, jgn ragu2, percaya deh, selama dok lengkap n akurat, chance utk di approved-nya lumayan tinggi koq ..

    Again, many thanks buat Mas Yudha .. GBU n family, Mas :)


    ReplyDelete
  106. Dear Sist Yanti,

    Hwaaa.... Yipiiiiiie.... Congrats ya Sist, senangnya bisa dapat Visa cepat. Akhirnya penantian dan deg-degannya berakhir sudah. Dan Jujur... yang paling senang sebenarnya saya

    Loooh...Koq bisa? Laaah gimana ngga, kalo ternyata hasil sharing kita ngga di terima sama kedutaan dan Sist Yanti menyalahkan saya ...apa ngga malah jadi beban mental saya, padahal kan kita sama - sama sharing dan berbagi ilmu :D *ngumpetDiPojokan*

    tapi apapun alasannya Tetap itu adalah kehendakNYA bahwa Sist Yanti harus berangkat ke Aussie. So, makasih banyak sudah mau kasih oleh - oleh dan pencerahan buat temen - temen blogger disini yang mungkin bakal butuh banyak informasi mengenai pengurusan visa turisnya.

    Tetep Keep in touch dan salam buat "yayang" nya ya Sist... akhir kataaaa, SEMOGA BERKAAAH...!!! :)

    ReplyDelete
  107. huy guys..cuma sharing aja pengalaman...tgl 25 jan kmrin visaku granted..speechless, senang campur aduk sempat nangis juga mengingat lumayan lama aku konsultasi dokumen dulu sama yudha krn beberpa dokumen saya harus "'dicakepin' dulu sama yudha baru dimasukin..oh ya pertama aku kenal yudha desember kmrin pas nyasar di blog ini aku baca semua all comments disini..aku gak kirim pertanyaan tapi lgs liat contact person yudha lgs deh aku tlp minta ketemuan, aku belajar dr pengalaman siapa (?) diatas yg dia di bogor bela2in ketemu yudha dulu seblm masukin dokumen ke avac..oh ya aku sendiri tinggal di manado walaupun all ID (KTP,KK penduduk Bali) xixixixi

    btw...aku dibantu yudha dari pengurusan paspor juga loh (paspor aku urus di kanim jaksel)..wuiih ada cerita lain lagi wkt bwt paspor..pake nangis2 juga..wkwkwkwk

    intinya aku sangat sangat dibantu banget sama yudha,,alhasil visaku granted cukup dgn : MULTIPLE ENTRY untuk 1 TAHUN!!!!..wow!!! thank GOD.. makasiiiiiii yudha....yiiiipiiiiiiiy...OSTRALIA im coming...:D

    more : thank for helping me yudha GBU and the whole family..Gud Luck!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Feibbie,

      Terima kasih sudah mau mengunjungi blog saya, di Approve nya visa kamu bukan karena keBISAan saya Fei, tapi karena kehendakNYA dan DIA memberikan otoritas kepada kedutaan Aussie untuk mengizinkan kamu untuk berangkat ke Aussie...

      Terlepas dari semua itu... senang membantu kamu Fei : ) --- Meskipun banyak sekali kendala yang di lalui, malah terkesan seperti main sinetron di kehidupan nyata, tapi itulah perjalanan nya :) .... Semua usaha akan berujung dengan Hasil yang di harapkan. Karena TUHAN tau apa yang di perlukan oleh hambaNYA.

      Salam buat Oma, Opa, Dede dan lainnya yaaa... Semoga dengan di Approve-nya Visa Turis kamu dapat memberikan secercah harapan di tengah dilema dan cerita yang demikian hebat ... :)

      Keep Contact dan berikan senyuman terindah mu untuk menjejakkan kaki di negeri kangguru sambil menyerukan "HEY AUSSIIIIIIE.... AKU DATAAAANG...!!!" :)))

      Delete
    2. kata2nya dramatis eeeeuy...yudhaaaaa,kamu bikin baku nangis lagi sekarang..tapi nangis krn terharu dan happy (sure in the real one ini mmg kayak cerita sinetron yaa)...UNTUK SEMUA TEMAN yg SEDANG dan AKAN berjuang utk daapetin visa OZ..aku doain tulus..semoga GRANTED...!!! amen!

      from the bottom of my heart,i justwanna say thank youuuuuu so much Dhaaa..for always supporting me....

      Sangat setuju : semua karena Kemurahan dan Kehendak TUHAN bukan karena kuat atau hebat yudha...wkkwkwkwkwk

      akhir kata...(lebaaay ooiii):

      "HEY AUSSIIIIIE....AKU DATAAAAAANG...!!! hahahahaha

      Delete
  108. Salam kenal, Mas Yuda...
    Nyasar ke blog ini. Aku mo tanya neh mas, karena mo apply visa.
    Tapi lagi galau dengan histori paspor.
    1. 2010 pernah ditolak visa Oz karena kerja masih freelance
    2. 2011 pernah overstay di Turki 7 hari, byr denda TL 290, jd ga dibanned.

    Nah, dg histori seperti itu, apa saja tambahan dokumen utk menguatkan kalo aku bener2 mo holiday aja di Oz?
    Aku di Oz diundang pacar WN sana.
    Rencana mo attach surat keterangan langsung dari big boss, slip gaji asli, bukti STP, surat pengangkatan pegawe tetap, terus apa lagi ya?

    Galau ni.
    Mohon bantuannya.

    Trims

    ReplyDelete
  109. mas yuda, saya lagi ngurus visa ke aussy tapi agak kebingungan, mohon bantuanya mas, saya mau minta pin bb dan nope nya.tolong kirimkan di alamat email saya yudisantoso16@yahoo.co.id


    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di SCROLL ke ATAS dan klik halaman "KONTAK PERSON" :)

      Delete
  110. hello pak, inponya sangat informatif sekali..

    saya mau menanyakan ttg visa Australia Pak, smoga bapak bisa membantu.
    dulu 2009 saya sudah mempunyai visa schengen dan visa australia.
    semuanya berlaku selama 1 bulan. dan lumayan banyak cap di passport saya (udah mengunjungi beberapa negara) di passport yang baru.
    tahun ini 2013, saya akan mengajukan visa australia dengan sponsor pacar
    saya yang kerja di government sana.. untuk sponsor sih ngga ada masalah, dari saya juga tabungan lumayan ada.
    nah yang jadi pertanyaaan?? apakah saya boleh mengajukan visa lebih dari 1 bulan misalkan 2 bulan atau 1,5 bulan bahkan 3 bulan?? (karena dulu saya udah pernah masuk ke Australia, so ini visa yang ke 2)
    kira kira gimana changenya ya pak..
    pak yudha saya minta contact personnya ya bisa YM or BB.. saya mau minta bantuan untuk kelengkapan pengisian form..
    saya tinggal di batam dan berencana mengunakan agent visa , tapi saya lebih percaya ma mas yudha untuk mengkoreksi dokument nya..

    nonik- batam

    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Nonik,

      Mengenai Approval yang 1,2,3 6,12 Bulan, bahkan decline dekalipun....semua itu adalah OTORITAS Kedutaan (seperti yang sudah saya jelaskan pada komentar sebelumnya).

      Tapi jika anda sudah pernah melakukan perjalanan keluar negeri, dengan paspor yang terlihat banyak "KOTOR" [baca- Chop Imigrasi] hal itu akan menjadi referensi bagi Kedutaan untuk memberikan anda kesempatan melakukan perjalanan kembali ke negara yang hendak di tuju. Dengan catatan anda "Berkelakuan Baik" seperti tidak terekam data Overstay, atau Bekerja dengan visa yang tidak sesuai, dan lain sebagainya.

      Demikian penjelasan dari saya, Terima kasih sudah mengunjungi blog ini dan akhir kata "Semoga BERKAAAH !!!" :)

      Delete
  111. Met,Malam

    Pak yudha

    Ini ada hal mengenai urus visa Australia
    Bisa bantu saya penjelasannnya?
    Klo bsa YM ke zhen_alisa@yahoo.com


    Thanks

    ReplyDelete
  112. Hallo kak Yudha dan semuanya.
    cuman mau sharing aja nih aku sama memenuhi janji aku :D

    aku mau sharing pengalaman nih. gilaaaa mas Yudha itu TOPnya si pake banget lho udah badai malah.
    dia bantu aku buat ngurus visa ke Aussie. semua dokumen di bantu sama dia dari pengisian, apa aja yang harus disiapin, sama triknya. aku kenal kenal mas Yudha juga gara2 nyangsang di blog ini, aku baca2 terus aku nyoba buat ngehubungin mas Yudha, setelah dia jelasin semuanya apa aja si yang harus aku siapin, biaya, dll.

    sampai H-1 aku ketemu sama kak Yudha, buat ngeliat kelengkapan dokumen aku sebelum di kirim ke AVAC. gilaaa itu deg2annya si pake banget. takut ga approve, sampe akhirnya aku ga mau mikirin itu. pokoknya udah usaha, apapun keputusannya semua tergantung Tuhan sama pihak sananya. pasrahnya aja.

    terus sampe keesokkannya, aku dateng ke AVAC buat serahin dokumen. setelah menanti 4-5 hari kerja, aku di sms oleh pihak sana. katanya visa dan passport udah bisa diambil. wah gila itu si rasanya gemeter abis cuman aku coba buat stay cool hehe aku bbm kak Yudha aku kabarin ke dia kalo visa aku udah bisa diambil, terus kak Yudha yang juga excited bilang nyuruh aku ambil.

    dan pas besok aku kesana, visa aku GRANTED!!!!!!!!!! dan itu rasanya spechless ga tau mau ngapain, seneng banget!!!!!!! aku bener2 say THANKYOOOUUUUUU BANGET SANGAT sama kak Yudha, dia udah bantu aku, support, dll.

    dan dia orangnya tuh baik banget, ramaaaah asli deh.
    bener2 THANKS GOD and THANKS KAK YUDHAAA!!!!!!!
    GOD BLESS YOU YA KAK! SUKSES TERUS
    MAKASI ATAS BANTUAN KAMU YANG LUAR BIASA :D:D:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman kita sm yaaaaa..hehehe he is very helpful....

      Delete
    2. Yeeey.....terima kasih sudah bersedia sharing dengan saya dan terus keep in touch ya sist :D

      Kalian memang luar biasaaaa... !!!

      Delete
  113. halo mas yudha....aduuuuh beribu2 maaf baru bs muncul di sini.....tp yg jelas sy nggak lp kok sm mas yudha yg sdh bantu kasih masukkan2 yang super duper ampuh....
    oya sy cm mau share aja....buat klian2 yg mau apply visa and cri org yg tepat buat share..ya ini...si mas yudha.

    waktu itu smpt bingung 7 keliling hrs buat apa..krn pernah apply visa turis ke australi untk 2 minggu tpi di tolak.eeehhh pas ketemu mas yudha dikasih masukkan2 yang bagus bnget...mencoba menganalisa kekurangan dan kesalahan visa yg pertama. akhirnya sy mengajukan kmbali visa yg kedua dlm rangka megunjungi tunangan di australia. dengan berbekal beberapa doks :

    yang dari tunangan sy (invitation letter dari dia, pasport, bank statement, surat kepemilikan mobil,rumah, slip gaji3 bulan, sm keterangan kerja dari perusahaannya dia, kelelngkapan lainnya: bukti hubungan sy dgn dia, mencantumkan print out of phone calling) sementara doks dari saya (CUMAN copy passport krn waktu itu sy apply di bali jd hanya perlu copy passport sj, akte lahir, dan beberapa bukti hubungan seperti : foto2 bersama, penerbangan bersama (tiket2 yg mencantumkan nama sy sm tunangan saya), dll.

    sy tidak melampirkan bukti rek.bank (sesuai dgn saran mas yudha hehehe)dan tidak ada referency kerja, krn pada waktu itu sy sdh berhenti bekerja. dan waktu sy baca2 informasi di internet tentang lamanya proses itu 15 hr. jdi sambil menunggu kami terbang ke thailand untuk 2 minggu...dan ternyata 3 hari kemudian sy dpt sms dari avac yg menyatakan bahwa visa sy sdh selesai dan bisa di ambil di avac. sempat bingung jg...dan sepanjang hri cm bisa menebak2 kira2 apa hasilnya....dan bingung jg knp cepat sekali.
    setelah 2 minggu kmi balik ke bali dan waktu mau mengambil visa itu benar2 rasanya seperti mau menerima hasil ujian...krn masih terbayang2 dgn kegagalan yang pertama kali. akhirnya ketika visa sdh di tangan tetap takut2 jg bukanya..terpaksa saya suruh tunangan sy yg buka...LEBAY ALAI...HEHEH...dan waktu sy liat dia tersenyum dengan indahnya hehehe bru sy tau VISA SAYA GRANTED untuk 3 bulan...seneeeeeeeng banget rasanya....ternyata memang benar apa yang di bilang sm mas yudha...TRANSPANRACY...terbuka apa adanya..memberikan informasi yg benar...

    trims banyak ya mas Yud....sorry telat..hehehe

    ReplyDelete
  114. hehhe sorry mas ada yg kelupaan...selain doc yang di atas...jgn lupa foto copy ktp sm pas photo ukuran 4 x 6 berwarna (untuk visa australi)...:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiiiiiiiiihhh....lengkap bener nih persyaratan yang di lampirkan sama Mery...

      Memang harus gitu kalo mau di approve. Perlu transparansi sist :))

      Jadi buat teman - teman yang mau apply dan masih kurang pede buat melanjutkan aplikasinya ikuti yang sudah pengalaman yaaa *lirikMery*

      Semoga komen kalian teman - teman blogger bermanfaat untuk para pencari informasi selanjutnya

      Akhir kata.... Semoga berkaaah..!!!

      Delete
  115. Mas Yudha mau nanya , kalau ada rekam jejak sempat pernah di tolak Visa Schengen namun setelah perbaikan dokumen Visa Schengen tsb akhirnya di granted juga sekitar 3 mingguan dari penolakan ( kira2 ha diatas jadi pertimbangan buat approved atau reject Visa OZ saya nantinya ? )

    ReplyDelete
  116. Selama penolakan tersebut memiliki alasan yang jelas dan tidak termasuk dalam kategori "catatan buruk" saya rasa semua bisa diterima.

    Naah,,, sekarang tinggal anda yang mengetahui prosesnya, apakah penolakan Visa Schengen tersebut merupakan kategori "catatan buruk" atau sebatas kekurangan dokumen???


    @yudha_rui
    #posting via android

    ReplyDelete
    Replies
    1. kesalahan yang konyol Mas Yudha , Invitation Letter si pengundang tahunnya keliru ... yg seharusnya August 2011 tapi pengundangnya nulis August 2010 ( gara2 salah 1 digit nomor melayanglah biaya Visa Schengen hicks ... )

      Delete
  117. Mas Yudha , apakah punya pengalaman mengajukan aplikasi Visa OZ kemudian ditolak ? semoga nggak yaaaaa , atau pernah ada informasi apabila pengajuan pertama di tolak apakah bisa mengajukan lagi dalam jarak waktu yg dekat ? misal dengan perbaikan dokumen .

    ReplyDelete
  118. Hi, mas Yudha

    Terimakasih info dan bantuannya yang bermanfaat ini. Insyaallah saya akan berlibur sekaligus mengunjungi teman saya di Oz yg sedang belajar. Saya mau tanya, invitation letter itu bagusnya dibuat oleh teman saya itu ya? Lalu dikirim ke sini via POS registered? apa tidak bisa lewat email saja lalu diprint?

    Barakallahu fiik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Indra,

      Sori banget baru bisa balas pertanyaannya karena banyak sekali tugas di kantor yang harus saya selesaikan hingga ngga bisa merespon dengan sigap *ngeles*

      Invitation letter itu bisa kirim lewat kedua pilihan di atas, tapi saya lebih menyarankan pilihan kedua, yaitu dengan mengirimkan EMAIL dan di Print. dengan catatan tanda tangannya sesuai ASLI.

      so... Jika sudah bisa dengan cara cepat kenapa masih pakai cara lama :P. silahkan dicoba dan semoga jawaban saya belum terlambat dan bisa bermanfaat *salamBlogger*

      Delete
  119. Hello Mas Yudha, terima kasih sudah mau chat Dan ngobrol via telepon. Dengan membaca article catatan Yudha, Mengenai visa tourist ke Australia. Sangat Membantu saya, hingga saya mengerti bagaimana untuk mendapatkan visa tourist. Saya apply tgl 28 feb Dan visa di granted tgl 13 march, yang penting komplit Dan jelas. God bless u and family ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Rini,

      Waaaah... ternyata kita tetangga yang ngga pernah jumpa yaaaa... rumah dekat tapi sama sekali ngga tau gimana rupanya, malah ketemunya di antar sama "Mbah GOOGLE" :)))

      GBU ya Rin, semoga tali silaturahmi tetap terjaga dan kita bisa segera kopdar setelah kamu tiba dari Australia untuk mengirim parcel tanda mata dari negeri Kangguru :))) *kidding*

      Semoga Berkaah...!!! :)

      Delete
  120. Boleh minta nmr telp mas yudha? Krn sy Mau mnta Tlng bikin visa ke Aussie segera. Thank you mas yudha! Syarat2 sdh siap....Lho? Tgl 19 April rencana brkt ke Aussie. Semoga mas yudha Bisa Bantu. Mgkn dgn nmr TELP mas yudha lebih jelas keterangan yg nanti sy berikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yayang Cinta,

      Nomor saya yang bisa di hubungi bisa di lihat pada laman "KONTAK PERSON" #[Scroll lagi ke atas]

      Tapi mohon maaf sebelumnya jika saya tidak bisa memenuhi rencana keberangkatan Anda, bukan karena tidak bisa membantu... tapi lebih kepada tidak ingin Anda terlalu berharap banyak dan salah persepsi nantinya.

      Pasalnya pengurusan Visa Turis Australia tiada kata toleransi seperti negara China yang punya sistem proses reguler, Kilat, dan Ekstra Urgent. Masa Prosesi Visa Turis Australia di AVAC itu bisa memakan waktu hingga 15 Hari Kerja terhitung sejak dokumen di terima lengkap dan benar. Sementara di sana ngga ada yang namanya TIP atau "pelicin"... :)

      Atas dasar itulah maka saya merasa berat untuk menerima tawaran Anda, meskipun pada dasarnya di approve / decline permohonan visa adalah HAK OTORITAS KEDUTAAN. Tapi secara administrasi saya harus menjelaskan seperti itu agar teman - teman yang lain pun dapat memahaminya.

      Terima kasih sudah berkenan untuk mengunjungi blog ini, dan salam sukses buat Anda :)

      Delete

" Berikan Komentar Anda Untuk Postingan Ini "