19 May, 2009

MENGURUS VISA TOURIST AUSTRALIA

Satu lagi tambah pengalaman saya dalam hal mengurus visa orang lain. Berawal dari beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 11 Mei 2009 saya dapat berita supaya mengurus visa kunjungan wisata untuk Negara Australia milik salah satu keluarga dari owner tempat saya bekerja. Karena dulu saya berhasil mengurus visa salah satu keluarga dari pemilik perusahaan, Trus sekarang malah jadi ketagihan untuk minta diurus visa buat keluarganya juga..hueheue..ngga apa-apa, untuk cari pengalaman meskipun belum pernah keluar negeri, pengalaman buat visanya aja udah cukup membuat saya senang. Karena saat-saat menunggu dikabulkannya visa, yang merasa deg-degan koq malah saya yaa...kesannya kayak saya yang mau berangkat aja.

Australian Visa Application Center berada di Plaza Asia Lt.22, jalan Jendral Sudirman kav.59 Jakarta Selatan. Dilantai tersebut juga terdapat Visa Applicaataion Center untuk Canada & UK.
Bagi yang ingin mengurus Visa Tourist Australianya sendiri ataupun ingin mewakili mereka yang akan bepergian ke Australia dapat datang untuk apply mulai pukul 08.30 s/d 16.00 dengan membawa dokumen seperti :
• Form 1419 yang sudah diisi lengkap, dapat di download DISINI.
• Paspor Asli yang masih berlaku minimal 8 bulan.
• Paspor lama (Jika pernah memiliki paspor).
• Copy KTP
• Copy Kartu Keluarga
• Copy Akte Kelahiran
• Copy Surat Nikah / Akte Nikah.
• Bukti Keuangan yang menunjukkan kondisi keuangan yang cukup untuk membiayai hidup selama di Australia.
• Photo berwarna ukuran 4X6 , 1 lembar, sebaiknya menggunakan latar belakang warna putih
• Surat Sponsor dari Perusahaan, bagi yang masih bekerja. Dapat juga dijelaskan dalam surat tersebut mengenai kebenaran ybs bekerja di tempat tersebut dengan masa kerja …th dan akan melakukan perjalanan dalam rangka kunjungan, dan sebutkan juga pembiayaan akan di tanggung oleh siapa.

Enaknya mengurus visa Autralia di Australian Visa Application Center, Setiap dokumen yang akan apply hanya photocopy saja. Kecuali paspor & surat sponsor harus asli. Untuk visa yang saya proses waktu itu hanya memakan waktu 4 hari sudah dapat di ambil. Meskipun dalam teorinya masa proses 5 hari kerja, tapi kita bisa menelusuri sejauh mana proses pengajuan visa DISINI . Jadi jika memang sudah selesai kita bisa mengambilnya langsung pada setiap hari kerja antara pukul 14.00 s/d 16.00 WIB pada tempat dimana kita membuat visa tersebut.

Bagi yang ingin mengetahui informasi lebih jauh mengenai pengajuan Visa Australia dapat mengunjungi wesite http://www.vfs-au-id.com/ atau http://www.immi.gov.au/

Naaaah.... untuk mengetahui biaya resminya bisa klik DISINI, rumusnya :
(Biaya Visa yang ingin di Apply ) + Rp.180.000 (untuk biaya logistik AVAC) + Rp.20.000 (Jika ingin menerima pemberitahuan proses via SMS Platinum & Email)

Jangan lupa baca juga postingan saya hasil sharing dari teman blogger, yang berjudul MENGURUS VISA TURIS AUSTRALIA II untuk yang punya penjamin di luar negeri, khususnya WN Aussie.

So, akhir kata .....Semoga Berkaaaah  J



wwww___wwww

Update Info:

  • Mulai tanggal 14 April 2014 , Australia Visa Application Centre (AVAC) di Jakarta akan beroperasi di lokasi baru di: Kuningan City Lt. 2 No. L2-19, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan, Jakarta 12940 Indonesia