14 October, 2012

Tips Atasi Mengantuk Saat Berkendara

Mengantuk adalah Rasa keinginan untuk tidur akibat tingkat kelelahan yang tinggi, biasanya di iringi dengan menguap, dan jika sudah datang berulang – ulang tingkat kelanjutannnya adalah tidur kapanpun ada kesempatan dan dimanapun kita mau melakukannya. Pada kenyataannya kita tidak dapat menghindari rasa mengantuk jika kelelahan sudah datang dan cukup sulit untuk mengusirnya. Tidur karena mengantuk memang bukan masalah. Yang jadi masalah adalah ketika mengantuk sambil berkendara.

Mengantuk merupakan salah satu penyebab tingkat kecelakaan tertinggi baik di Indonesia maupun Dunia, disamping kasus mabuk dan menggunakan handphone. Karena banyak sekali pengendara yang menganggap hal ini sepele atau dengan istilah “nanggung” bentar lagi nyampe. Pada akhirnya kecelakaan terjadi karena tingkat konsentrasi menurun atau sempat merem untuk 1/sekian detik.

Bicara tentang mengantuk saat berkendara, aku sendiri sering merasakan hal ini. Lama sudah mencari tau apa saja yang dapat dilakukan untuk menurunkan level mengantuk saat sedang berada dalam posisi “nanggung”  untuk itu maka akupun mencoba mengumpulkan pengalaman tersebut kemudian dirangkum kedalam postingan kali ini. Karena termotivasi dengan pengalaman pribadi yang sempat mengalami kecelakaan hebat beberapa kali akibat mengantuk saat berkendara. Di tambah lagi ada supir taksi sempat mengingatkan pengalaman buruk yang pernah terjadi saat mengandarai mobil, dan itu menjadikan aku perlu membagi tips ini kepada pembaca blog sekalian. Tips yang merupakan hal sepele dan dirasa ….”aaaahhh gampang banget sih”…. Tapi koq yaaa ngga di lakukan karena alasan “nanggung” itu tadi J

Lalu apakah tips untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa mengantuk saat sedang berkendara??? So… let’s check this out……

a.          Hentikan kendaraan

Rasa mengantuk akan membuat kita menjadi malas melanjutkan perjalanan, tapi “nanggung” jika harus di hentikan. Untuk kali ini….cobalah berhenti 10-20 menit, pastikan kondisi jalan yang kita gunakan sebagai tempat perhentian dalam keadaan terang, aman, dan memiliki tingkat aktivitas yang cukup ramai. Karena Salah memilih tempat berhenti malah jadi korban kriminalitas. Jika dirasa badan anda terlalu lelah dan tidak dapat melanjutkan perjalanan lagi tidur lah sejenak dan tunggu hingga mata dan tubuh anda segar kembali.

b.         Lakukan Senam ringan
Setelah kendaraan kita hentikan, langkah selanjutnya adalah melakukan senam ringan. Maksudnya senam ringan yaitu menggerakan kepala, pundak, pinggang, kaki,  sambil mengatur nafas tariiiiik……tahan sebentar…buang perlahan. Lakukanlah kurang lebih 5-10 menit atau hingga kita merasa sudah benar-benar segaaar kembali.

c.          Relaksasi mata
Naaaah…. Untuk jurus yang ini sebenarnya aku mendapatkannya dari seorang pengemudi taksi ia saat membawaku ke airport untuk perjalanan ke Ambon beberapa waktu lalu sebelum posting ini di upload (makasih pak supir… aku sudah memenuhi janji aku untuk menulis posting ini buat Bapak J) . Beliau bilang “saya punya jurus buat menghilangkan ngantuk Pak, ini jurus jitu dan saya pengen kasih ilmunya sama orang lain, tapi sayang saya ngga bisa internet. Kalo saya bisamungkin bakal saya buat buku tips mirip buku silat di padepokan dekat kampung saya…” .  

Gimana caranya???? Kira-kira begini… gunakan ibu jari anda dan pijatlah jalur “T”,  yaitu pertemuan antara tulang hidung dengan tulang lingkar bola mata bagian atas. Dalam keadaan mata terbuka, lakukan pemijatan tersebut dengan ibu jari menyentuh bagian bola mata… kemudian ulangi sebanyak 4 – 5 kali. Langah selanjutnya adalah menutup mata anda dan usap kelopak mata anda sambil menepuk atau menggerakkan jemari tanpa tenaga, fungsinya untuk membuat mata relaks. Kemudian bukalah mata anda daaaa… Jengjreeeeng!!! Mata anda akan kembali segar.

d.         Gunakan Air
Gunakan air ini untuk minum, karena dengan minum air maka anda akan mendapatkan asupan oksigen. Mengantuk salah satu penyebabnya juga karena kurangnya asupan oksigen. Jika masih ada sisa air, gunakan untuk membasuh muka.

e.          Makan permen
Pastikan anda memiliki stok permen dalam dashboard kendaraan. Usahakan dalam bentuk gum dengan rasa mint. Hal ini akan membantu anda dalam meminimalisir rasa ngantuk. Sesuai dengan pengalaman saya berkendara, biasanya untuk perjalanan jarak jauh saya jadikan “senjata” untuk membunuh rasa ngantuk. Dengan memakan permen karet (gum) secara otomatis mulut akan bergerak. Hal inilah yang akan membuat rasa ngantuk hilang secara berangsur – angsur.
                                                                                                        

Itulah tips yang coba kuberikan berdasarkan apa yangku alami, mulai dari berkendara dalam kota hingga antar kota antar propinsi. Masalah yang dihadapi satu persatu aku temukan juga solusinya. Dan semoga tips ini dapat memberikan manfaat untuk teman – teman blogger yang sering berkendara.


Akhir kata.... SEMOGA BERKAAAH...!!! J

No comments:

Post a Comment

" Berikan Komentar Anda Untuk Postingan Ini "