HALAMAN

04 November, 2018

TIPS MELANCARKAN BUANG AIR BESAR BAGI PENDERITA GAGAL GINJAL

Baru saja beberapa minggu saya mengalami perjalanan cuci darah dua kali seminggu, ini adalah kali ketujuh berjalan sejak divonis oleh dokter sebagai pasien pengidap gagal ginjal. Awalnya shock berat, bahkan nyaris 'lewat'...tapi kemudian ALLAH kasih kesempatan untuk bebenah diri, alhamdulillahnya bisa balik lagi mengisi timeline teman-teman.

Pengalaman sulitnya buang hajat membuat kesan tersendiri bagi saya yang hampir putus asa, bahkan untuk sekedar urusan buang hajat saja sudah seperti drama thriller lokal, atau lebih mirip adegan wanita melahirkan menunggu bukaan lengkap. Terutama pada kondisi awal-awal cuci darah, berasa banget BAB mulai nggak bisa di kendalikan, penderitaan berkecamuk karena minum sudah mulai di tahan-tahan nggak boleh lebih dari 600ml dalam sehari. kebayang yang dulunya menyia-nyiakan kesempatan untuk bisa minum sepuasnya, menunda-nunda keinginan buat pipis, menyepelekan kebebasan bisa miinum dan makan apasaja...kini harus benar-benar dibatasi.

Ternyata hal ini dirasakan juga oleh yang lain ketika saya bertemu dengan mereka yang sama-sama punya penderitaan seperti saya, sehingga merasa ingin berbagi ketika punya hal yang bisa memudahkan mereka dalam ''mencari jalan keluar''. Ok, saya lanjutkan kembali ya ceritanya....
Keringat dingin selalu menyertai saat-saat ritual buang hajat.... kadang untuk sekedar buang angin saja urat-urat syaraf dibokong butuh relaksasi yang panjang.Ah...pokoknya segeralah bersyukur bagi mereka yang masih diberi nikmat sehat wal' afiat.

Hingga akhirnya menemukan secara tak sengaja resep mudah Buang Air Besar karena mengalami beberapa kali tersiksa dihimpit ujian kontraksi dan reaksi mengejan hingga pucat pasi, sehingga memperhatikan dan mempelajari pengalaman pola makan juga pola hidup termasuk bertanya sana-sini bagi yang sudah mengalami. dan kali ini berusaha berbagi agar yang lain tidak mengalami hal yang sama akibat dari sulitnya buang hajat.

Kedepan saya akan mengulas juga bagaimana kisa akhirnya bisa lancar buang Air Kecil, karena bagi para penderita Gagal Ginjal, saya yakin informasi ini bermanfaat, agar minimal dapat menambah volume konsumsi air minum. Karena seperti yang kita ketahui, jika minum tidak dibatasi menyebabkan dada para penderita sesak akibat ginjal yang 'terendam' air.
OK, kita mulai dengan TIPS mengatasi sulit Buang Air Besar [BAB]... biasanya para penderita yang mengalami kesulitan seperti ini memiliki kecenderungan :

1) MINUM YANG DIBATASI
Secara alamiah, sejatinya feses [kotoran] keluar bersama dengan unsur air yang berlebih dan tidak dapat diolah oleh tubuh. Tapi karena adanya pembatasan konsumsi air secara otomatis terjadi pengerasan karena unsur air berkurang saat kita konsumsi.

2) KURANG OLAHRAGA/KURANG GERAK
Karena gerakan kurang, maka otot-otot menjadi kaku, ternyata berjalan kaki sepanjang jarak dan waktu tertentu dapat menjadi satu dari sekian faktor penyebab kita mudah melakukan BAB. Jika anda adalah satu diantara sekian banyak orang yang senang berolahraga, maka lakukan  lah ini untuk membantu melancarkan ritual ini.

3) JARANG MENGKONSUMSI BUAH DAN SAYURAN
Saya sempat mengeluhkan kesulitan buang hajat ini kepada dokter yang merawat dirumah sakit, tapi jawabannya tidak fokus, beliau hanya bilang cobalah makan buah-buahan, dan sayuran terutama kangkung agar lebih memperlancar. Namun pengalaman mencari buah pepaya yang ternyata pun tidak dapat membantu kelancaran membuat kombinasi buah bit yang direndam 2 jam dengan air hangat dan direbus kurang lebi 10 menit , 1sendok makan madu asli, wortel, tersaji dalam kondisi sudah di blend menjadi alternatif. Rasanya???? Jangan tanya soal rasa, tapi dengan begitu, kami menemukan asa (harapan) untuk menaikan HB darah dan buang hajat dengan nyaman tanpa berasa pengen lahiran.

Selain itu, dengan mengkonsumsi buah dan sayur dengan cara di blend seperti ini, pencernaan tidak mudah lelah bekerja, karena terlalu lama mengolah makanan. Dengan demikian proses mengolah makanan lebih cepat dan proses mengeluarkan hajat lebih mudah.

Demikian yang selama ini saya lakukan dari pengalaman pribadi, semoga bermanfaat dan saling berbagi pengalaman. Next saya akan berbagi lagi pengalaman lain seorang pengidap gagal ginjal. Tetap semangat... karena sakit hanyalah penggugur dosa bagi sesiapa yang meyakininya, bukan beban hidup yang harus di pikirkan hingga penat. Karena sebagai orang beriman kita hanya diminta bersahabat dengan keadaan, dengan cara mensyukuri apapun bentuk nikmat, SABAR dan SHALAT. Hingga kemudian kita bisa menikmati hidup ini dan ALLAH yang memberikan jalan keluarnya berdasarkan caraNYA.

.
.
.
#YTMenulis
#MaYJenTama
#MenulisUntukBerbagi
#PerjalananSeorangPenderitaGagalGinjal

2 comments:

  1. Cobalah mengkonsumsi daun sukun yg menguning dipohon.
    Cara memasaknya:masaklah 1lembar daun sukun dg air 1liter selama 45 menit biarkan dingin dan minum setelah makan
    Menurut ibu saya,efeknya kita jd tidak terlalu haus.
    Semoga cocok ya pak
    Sehat selalu pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak atas informasinya, masih butuh banyak wawasan tentang hal ini bagi saya yang baru mengalaminya.

      Delete

" Berikan Komentar Anda Untuk Postingan Ini "