HALAMAN

14 August, 2020

PEMPEK LEWA, RASANYA ORIGINAL NGGAK BIKIN LIDAH KECEWA


 

Punya tetangga yang pandai masak dan suka berbagi itu menyenangkan dan mengenyangkan. Salah satu hikmahnya adalah kami dapat mengenal siapa yang bisa masak apa, sehingga jika kami membutuhkan sesuatu maka kami akan mencari orang yang tepat dengan kualifikasi yang tepat. Disini ternyata banyak yang bisa masak ala western, oriental, bahkan selera nunsantara yang meski terbilang kaya akan selera, namun sempurna dengan cita rasanya. Bahkan banyak yang pada akhirnya mengalirkan hobby menjadi jejaring entrepreneur dibidang kuliner.

Salah satu selera nusantara yang saya gemari adalah ini.. PEMPEK ‘LEWA’ DEPOK, asli buatan tangan pasangan suami istri... Ibu Paula dan Bapak Sutardjo Wongso (biasa dipanggil Bang Jojo)... tetangga yang tinggal bersebrangan dengan saya. Kalau boleh jujur, dari sekian banyak varian makanan bernama pempek di kota Depok yang beredar, sebut saja OKY, MUSI RAYA, 812 yang terkenal seantero Depok raya, pempek inilah yang paling nendang rasanya juga lengkap variannya. Sebut saja pempek Kapal selam, keriting, adaan, lenjer, pistel, dan telur. Dengan cuko yang kental khas banget rasa manis pedas yang membuat kita menebak bahwa bumbu dan rempah nusantaranya beneran asli.

Meski produksinya beraliran “home made” tapi rasanya nggak bisa di pandang sebelah mata. Karena soal rasa bukan urusan mata, melainkan urusan lidah dan perut ... hihihi. Tapi beneran, ini pempek yang rasanya original, nggak perlu harus ke kota Palembang dulu, baru kita tau enaknya makan pempek asli Palembang.

Ternyata setelah saya tanya, rahasianya adalah setiap bahan baku yang di dapat langsung di impornya dari kota asal makanan. Pantas saja cita rasanya tak jauh dari rasa yang ada disana. Nggak Cuma itu, komposisi dan pengolahannya juga teratur. Sehingga setiap gurih yang dihasilkan, manis dan pedas yang meresap dalam setiap menu, begitu pas tata letaknya.

Pempek LEWA Depok buatan Bang Jojo & ibu Paula merupakan resep warisan keluarga dipelopori oleh Nyonya LEWA yang merupakan kerabat dekat Bang Jojo, Nyonya LEWA sudah mulai menjual Pempek sejak tahun 1978 di Jl. Mayor Salim Batubara, Palembang.

Pada akhirnya, saya paham ketika harus berurusan dengan makanan khas Palembang ini, jika saya sedang berada di kota Depok, saya harus menghubungi siapa.





No comments:

Post a Comment

" Berikan Komentar Anda Untuk Postingan Ini "